Manado (ANTARA) - Pihak TNI bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memberikan dukungan bagi upaya penyelamatan Danau Tondano, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara dari pencemaran sehingga menjadi kawasan wisata yang menarik.

Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey di Manado, Sabtu, mengapresiasi pihak TNI dan Kementerian PUPR dalam hal ini Balai Wilayah Sungai Sulawesi I dan II yang memiliki komitmen melakukan pembinaan wilayah di Danau Tondano.

"Sudah menjadi komitmen bersama untuk mengembalikan fungsi Danau Tondano sebagai tampungan air melalui pengerukan dan pembersihan eceng gondok," kata dia.

Ia mengharapkan dengan adanya komitmen itu, ke depan Danau Tondano menjadi kawasan wisata.

"Sehingga memang Danau Tondano terancam kelestariaannya karena itu pemerintah pusat menjadikannya salah satu danau prioritas nasional," katanya.

Panglima Kodam XIII/Merdeka, Mayor Jenderal TNI Santos Gunawan Matondang, berharap penandatanganan perjanjian kerja sama dapat ditindaklanjuti sehingga manfaatnya bisa dirasakan masyarakat.

Wabup Minahasa Robby Dondokambey menyaksikan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Balai Wilayah Sungai I Sulut dan Sulawesi II Gorontalo Kementerian PUPR dengan TNI tentang Dukungan Kegiatan Pemeliharaan Danau Tondano dan Limboto dalam rangka Penguatan Pembinaan Teritorial yang digelar di Astound Hill, Peleloan, Tondano Selatan.

Penandatanganan tersebut dilakukan Pangdam Mayjen TNI Santos Matondang dengan Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi I, Bastari, dan Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi II Naswardi.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024