Manado (ANTARA) - Direktur utama (Dirut) pasar Manado, Joortje Rumondor, menyatakan siap menyelesaikan semua masalah di BUMD tersebut, dalam 100 hari. 

"Program yang akan dilaksanakan dalam tiga bulan ini, adalah membayar gaji karyawan sejak Desember 2020, lalu membayar THR yang tak terbayar sejak natal dan juga bagi karyawan muslim pekan depan," kata Rumondor, kepada pimpinan dan anggota DPRD Manado, Selasa. 

Dia mengatakan, pembayaran itu sudah  dijadwalkan dan mulai dicicil, karena dia memprogramkan kesejahteraan seluruh karyawan di BUMD tersebut. 

Saat ini, kata Rumondor, PD pasar Manado memiliki 560 karyawan dan untuk membayar honor itu, akan diselesaikan dalam waktu tiga bulan ini. 

Dia mengakui, sesuai dengan hitung-hitungan, maka untuk menyelesaikan masalah gaji karyawan di PD pasar pihaknya membutuhkan anggaran sekitar Rp10 miliar, sehingga berbagai cara dilakukan. 

"Kami akan mengoptimalkan pendapatan dan mengupayakan supaya bisa mencapai target, seperti mengumpulkan retribusi yang masuk lubang, yang tertidur dan tersangkut, termasuk memotong honor direksi 50 persen dan memberhentikan staf khusus serta yang tak perlu," kata Rumondor. 

Dia mengakui saat ini karyawan PD pasar sudah besar, idealnya hanya boleh 30 persen dari yang ada sekarang, sehingga perlu dirampingkan, termasuk staf khusus. 

Namun DPRD mengingatkan, Rumondor jangan hanya jadi janji semata, sehingga justru jadi masalah di kemudian harinya. ***

 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B

Copyright © ANTARA 2024