Manado (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) membangun Rumah Sakit Jiwa Ratumbuysang di Desa Kalasey II, Kabupaten Minahasa yang nantinya menjadi rujukan untuk Indonesia Timur.

"Pemerintah provinsi terus menghadirkan berbagai terobosan untuk peningkatan derajat kesehatan masyarakat Sulut," sebut Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw saat mengunjungi fasilitas layanan kesehatan tersebut, Selasa.

Sebelum pembangunan rumah sakit jiwa ini, pemerintah provinsi menghadirkan RSUD tipe B sebagai pusat rujukan tingkat provinsi, serta pengembangan RS Mata sebagai pusat rujukan wilayah Indonesia bagian timur.

Selanjutnya, pengembangan RSUD Noongan di Kabupaten Minahasa, RSUD Kota Bitung dan pembangunan RSUD Kota Kotamobagu sebagai rumah sakit rujukan regional.

“Kehadiran fasilitas kesehatan ini untuk melengkapi fasilitas rumah sakit yang ada di Sulut,” kata Kandouw.

Saat ini pelayanan RSJ Ratumbuysang akan terus dioptimalkan melalui sarana dan prasarana yang lebih memadai setelah meraih Akreditasi Madya (tiga bintang) edisi SNARS 1.0 dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

Pembangunan RSJ Ratumbuysang dan RS lainnya di provinsi berpenduduk lebih dari 2,6 juta jiwa itu menjadi komitmen dirinya bersama dengan Gubernur Olly Dondokambey mewujudkan 'Sulut Sehat Sulut Hebat'.

"Ini mengacu pada visi terwujudnya Sulut berdikari dalam ekonomi, berdaulat dalam pemerintahan dan politik, serta berkepribadian dalam budaya," ujar Steven.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024