Manado (ANTARA) - Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Bitung Edison Humiang mengingatkan warga di Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) agar waspada terhadap musim hujan yang tinggi saat ini.

"Ada beberapa daerah di Kota Bitung, jika terjadi hujan yang sangat lebat, bisa berakibat banjir dan longsor, sehingga kami terus mengingatkan warga untuk tetap waspada," kata Edison di Bitung, Selasa.

Edison mengatakan pihaknya terus melakukan peninjauan sejumlah lokasi yang rentan terendam banjir di Kota Bitung, Sulut. Kala hujan mengguyur wilayah Kota Bitung akhir-akhir ini, ia langsung memantau debit air DAS Girian untuk memastikan ketinggian air masih normal.

“Hujan sudah hampir satu jam, makanya perlu mengecek ketinggian air di DAS Girian,” kata Edison.

Asisten I Pemprov Sulut ini kemudian menuju ke Girian Bawah melakukan hal yang sama, yakni memastikan pemukiman yang ada di sekitar DAS masih aman.

“Saya juga sudah meminta tiap camat dan lurah untuk melaporkan kondisi wilayah masih-masih. Terutama wilayah yang rentan terendam banjir saat hujan,” katanya.

Menariknya, saat memantau, mantan Sekretaris Daerah Kota Bitung ini juga meminta bantuan ke komunitas Sekolah Sungai Kota Bitung untuk mendapatkan informasi terkait debit air DAS Girian.

“Ini kota kita bersama, jadi dalam segala hal semua harus dilibatkan dan tidak perlu berpikir superior mampu menangani semua permasalah kota ini. Hari ini saya minta informasi ke Sekolah Sungai karena saya tahu mereka bergelut di situ,” katanya.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024