Manado (ANTARA) - Bupati Minahasa, Sulawesi Utara(Sulut), Dr Royke Octavian Roring mengatakan pemerintah daerah akan terus mendorong peningkatan produksi padi petani di daerah tersebut.

"Pertanian memberi dampak positif bagi pembangunan dan perekonomian  Kabupaten Minahasa,  oleh karena itu pemerintah daerah harus berupaya memberikan perhatian terhadap peningkatkan kuantitas dan kualitas produksi padi petani," kata Bupati Royke di Minahasa, Rabu.

Pemerintah menyampaikan apresiasi kepada kelompok tani  di Kecamatan Kakas Barat,  khususnya  di Desa Touliang  yang pada tiga bulan yang lalu telah mengundang Gubernur Olly Dondokambey untuk mengadakan penanaman perdana, dan tiga bulan kemudian telah mengadakan panen kuartal kedua yang juga dihadiri oleh Bapak Olly Dondokambey namun kali ini hadir sebagai Ketua Majelis Pekerja Harian Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia dan Ketua Forum Komunikasi Pria Kaum Bapak Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia.

Bupati Royke mengatakan berdasarkan laporan panitia,  di lokasi pertama ditanam varietas superwin namun di lokasi kedua ini ditanam  varietas MGP (Megawati Soekarno Putri) yang dikembangkan dan dikirim langsung oleh Bupati Mojokerto kepada kelompok tani dan ternyata hasilnya bisa mencapai 9,6 ton per hektare, ini tentu suatu hal yang sangat hebat dan patut kita syukuri. 

"Kalau ini bisa kita kembangkan di Kabupaten Minahasa tentu akan meningkatkan penghasilan petani," kata bupati.

Dalam kesempatan tersebut Pemerintah Kabupaten Minahasa secara simbolis menyerahkan  tiga unit handtractor kepada kelompok tani di kecamatan tersebut dengan harapan bantuan itu dapat  menggenjot hasil produksi padi.

Bupati Roring menyampaikan terima kasih kepada Patricia Group dan kelompok-kelompok tani yang ada ada di Touliang dan Kecamatan Kakas Barat. "Tuhan memberkati Minahasa,Tuhan memberkati kita sekalian," kata bupati.

Bupati Minahasa, Dr Royke Octavian Roring bersama Ketua I MPH-PGI Olly Dondokambey, dan Ketua KTNA Kabupaten Minahasa, Fenny Roring-Lumanauw mengikuti kegiatan Panen Padi MT II Tahun 2020 di Desa Touliang Kecamatan Kakas Barat, Selasa. 

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua FKUB Sulut, Pdt Lucky Rumopa, Kadis Pertanian Sulut, Novly Wowiling, Ketua Kadin Sulut, Hangky Gerungan, Ketua DPRD Minahasa, Glady Kandouw, para Anggota DPRD Minahasa, Kadis Pertanian Minahasa, Dr Margaretha Ratulangi, Kabag Prokopim Maya Kainde, Camat Kakas Barat, Jeane Sumendap, tokoh-tokoh agama, tokoh-tokoh masyarakat, dan kelompok-kelompok tani.


 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024