Manado (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, mengadakan satu unit mobil polymerase chain reaction (PCR) dan segera dioperasikan. 

"Mobil tersebut dibeli untuk mempercepat penanganan COVID-19 di Manado," kata Wali Kota Manado, Vicky Lumentut, di Manado. 

Dia mengatakan, pengadaan satu unit mobil PCR itu, mendesak dilakukan, karena berdasarkan data gugus tugas nasional, jumlah warga yang terpapar masih tinggi. 

Wali Kota Lumentut mengatakan, dengan adanya mobil PCR tersebut bisa mempercepat proses tes swab maupun keluarnya hasil. 

"Selain juga akan memudahkan tenaga kesehatan dalam melakukan tracing COVID, sehingga mempercepat proses penanganan penyakit tersebut di daerah kita," katanya. 

Mengenai kondisi kendaraan tersebut, dia mengatakan, dari kapasitasnya, mobil PCR tersebut, diperkirakan melakukan uji 400-700 sampel perharinya. 

"Dengan adanya mobil PCR ini, maka kapasitas maksimal layanan swab test di Kota Manado  bisa dimaksimalkan, dengan harapan proses tes swab dengan PCR bisa dilakukan dengan cepat," katanya.

Di sisi lain, wali kota juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama bergotong-royong memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Kota Manado ini. 

"Caranya dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan, dengan memakai masker, cuci tangan pakai sabun di air yang mengalir dan atur jarak fisik ketika ada di tempat umum," katanya.*** 
 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B

Copyright © ANTARA 2024