Sulut, Sangihe (ANTARA) - Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara, Junaidi Bawenti mengatakan,  Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) telah menyelesaikan tugas pengawasan pleno data pemilih di 14 kecamatan.

"Kami sudah mendapat laporan dari Pengawas Pemilihan Umum tingkat kecamatan bahwa 14 kecamatan sudah selesai melaksanakan pleno rekapitulasi penetapan data pemilih," kata Junaidi Bawenti di Tahuna, Sabtu.

Menurut dia, Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) telah melalukan pengawasan terhadap tahapan pemutakhiran data pemilih yang di lakukan oleh jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sangihe.

"Pengawasan terhadap tahapan pemutakhiran data pemilih terus dilakukan oleh jajaran Bawaslu yang ada di kecamatan dan kampung serta kelurahan," kata dia.

Secara lisan kata dia, Bawaslu telah menerima laporan pelaksanaan pleno PPK, sehingga sampai saat ini masih satu kecamatan yang belum menyampaikan laporan.

"Pawascam kepulauan Marore sampai saat ini belum menyampaikan laporan pelaksanaan pleno rekapitulasi data pemilih," kata dia

Dia berharap, pelaksanaan pleno data pemilih di kecamatan kepulauan Marore tetap terlaksana sesuai tahapan .

"Kami berharap, pelaksanaan pleno data pemilih di kecamatan Kepulauan Marore terlaksana sesuai tahapan yang ada di PKPU nomor 5 tahun 2020," kata dia.

Dia mengatakan, sampai saat ini, Bawaslu Sangihe belum menemukan dugaan pelanggaran sesuai tahapan yang sementara dilaksanakan oleh KPU.

"Bawaslu belum menemukan dan menerima laporan tentang pelanggaran berdasarkan tahapan yang ada sampai saat ini," kata dia.

Namun demikian, jajaran Bawaslu sampai di kampung dan kelurahan terus melakukan pengawasan.

"Pengawasan terus dilakukan oleh jajaran Bawaslu sampai di kelurahan dan kampung yang ada di Kabupaten Sangihe," kata dia.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024