Manado (ANTARA) - Wali Kota Bitung, Sulawesi Utara, Maximiliaan J Lomban berharap daging hewan kurban tersalur dengan tepat kepada kaum dhuafa di daerah itu.

"Kami telah menyerahkan bantuan hewan kurban dari Pemerintah Kota Bitung bagi umat muslim di Mesjid Jami’ An-Nur Kelurahan Girian Bawah dalam rangka perayaan Idul Adha 1441 H yang jatuh pada Kamis, 31 Juli," kata Lomban di Bitung, Rabu.

Dia mengatakan Pemerintah Kota Bitung bersyukur bisa menyerahkan hewan kurban bagi umat muslim dalam menyambut Idul Adha 1441 Hijriah, sekalipun di tengah wabah COVID-19 ini.

Wali Kota juga berharap daging hewan kurban ini bisa disalurkan kepada kaum dhuafa melalui masjid-masjid yang sudah ditentukan.

"Kami juga berharap kurban ini akan selalu memberikan manfaat yang seluas-luasnya, tidak hanya bagi masyarakat sekitar, tetapi juga bagi saudara-saudara kita lainnya, seperti kaum dhuafa, yatim piatu," jelasnya.

Lomban mengatakan makna dan hikmah dari berkurban yaitu merupakan syiar agama Islam untuk memberikan kebaikan kepada masyarakat terutama kaum fakir miskin dan dhuafa.

Dengan melaksanakan kurban, katanya, juga mengingat nilai ketaatan, keikhlasan dan kerelaan berkorban.

Idul Adha merupakan peringatan saat peristiwa kurban yaitu ketika Nabi Ibrahim bersedia untuk mengorbankan putranya Ismail karena Allah, kemudian sembelihan itu digantikan oleh-Nya dengan domba.

Penyerahan hewan kurban tersebut dihadiri oleh Asisten II Jeffry Wowiling, Kadis DLH Sadat Minabari, Kadis DP3A Merianti Dumbela, Camat Madidir, Camat Girian bersama jajaran, Sekretaris FKUB, sejumlah imam mesjid, tokoh agama serta anggota DPR Bitung Hasan Suga dan Ahmad Syafrudin Ila.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024