Sulut, Tahuna (ANTARA) - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara, Junaidi Bawenti mengingatkan Panwas hingga ke kampung dan desa untuk fokus mengawasi tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada).

"Saat ini jajaran Bawaslu melakukan pengawasan tahapan pemilihan kepala daerah yang sudah dilanjutkan kembali.  Semua jajaran Bawaslu juga harus tetap menjaga netralitas sebagai pengawas,"kata Junaidi di Tahuna, Jumat.

Dia mengatakan, pasca dinonaktifkannya personil Panwas kecamatan karena COVID-19, Bawaslu Sangihe terus mengecek apakah ada jajaran Panwas yang tidak netral.

"Kami terus meminta masukan dari masyarakat terhadap kinerja Panwas yang ada di kecamatan dan desa serta kampung. Kalau ada yang tidak netral, pasti akan diberi sanksi," kata dia.

"Kami pasti akan tindak tegas jika ada jajaran yg bermain mata dengan bakal calon atau berafiliasi dengan partai politik. Tindakan kami bisa berupa teguran lisan atau tulisan sampai dengan pemberhentian," kata dia.


Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024