Manado (ANTARA) - Komandan Pangkalan Utama TNI  Angkatan Laut (Danlantamal) VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) Donar Philip Rompas mengatakan  menyiapkan kapal perang (KRI)  sebagai tempat penukaran uang bagi  masyarakat di wilayah di perbatasan dengan Filipina.

"Kepastiannya kapan,  akan dikoordinasikan lebih lanjut dengan Koarmada II," kata Danlantamal  Rompas saat menerima kunjungan Kepala Kantor Perwakilan BI Sulawesi Utara Arbonas Hutabarat, di Manado, Kamis.

Rompas mengatakan pemanfaatan kapal milik TNI menjadi tempat penukaran uang, sebagai bagian membantu perekonomian masyarakat yang memiliki keterbatasan akses karena tinggal di daerah pulau. 

Kepala BI Sulut, Arbonas  mengatakan rupiah juga dapat menjadi aspek kedaulatan bangsa kita karena itu  BI berkewajiban mendistribusikan alat pembayaran yang sah ke seluruh daerah termasuk di wilayah  yang berbatasan langsung dengan negara-negara lain.

"Demi kelancaran program tersebut, BI meminta bantuan KRI untuk mengangkut uang ke daerah perbatasan," katanya.

Arbonas Hutabarat mengatakan  kunjungan tersebut juga sebagai silaturahim, serta melanjutkan hubungan kerja sama yang sudah terjalin baik selama ini.

Seusai pertemuan tersebut, Danlantamal VIII bersama Kepala Kantor Perwakilan BI Sulut berkesempatan melakukan latihan menembak pistol di lapangan tembak yang berada di area Mako Lantamal VIII.



 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024