Manado (ANTARA) - Juru bicara Percepatan Penanganan COVID-19 Sulawesi Utara, dr Steaven Dandel menyebutkan sejak kasus pertama positif diumumkan 14 Maret 2020, akumulasi pasien sembuh mencapai 116 orang.

"Hari ini kita ketambahan kasus sembuh tujuh orang," ucap dr Steaven di Manado, Senin.

Ketujuh pasien yang dilaporkan sembuh tersebut berasal dari Kabupaten Minahasa sebanyak enam orang (kasus 134, 154, 195, 398, 401, dan kasus 403), serta satu orang dari Kota Manado (kasus 283).

dr Steaven menambahkan, bersamaan tujuh pasien yang dinyatakan sembuh, sebanyak 14 orang yang diisolasi telah dicabut statusnya sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP) setelah dua kali pemeriksaan swab negatif.

"Mereka sudah dikeluarkan dari ruang isolasi. Kalau ada gejala akan dirawat sesuai gejala tapi tidak dalam status PDP," ujarnya.

Bila didistribusikan ke- 14 PDP tersebut, Kota Manado (empat PDP), Kota Tomohon (tujuh PDP) dan Kabupaten Minahasa (satu PDP), sebutnya.

dr Steaven menambahkan, dari akumulasi kasus positif COVID-19 di provinsi berpenduduk lebih dari 2,6 juta jiwa itu, sebanyak 59 orang dilaporkan meninggal.

Selanjutnya, pasien COVID-19 yang sementara dalam perawatan di sejumlah rumah sakit sebanyak 500 orang.

Ke- 17 kasus baru positif COVID-19 yang bertambah hari ini, Kota Manado menjadi penyumbang terbanyak (10 kasus), Kabupaten Minahasa (empat kasus), Kota Tomohon (dua kasus) dan Kabupaten Minahasa Tenggara (satu kasus).

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024