Manado (ANTARA) - Pemerintah Desa Wasian, Kecamatan Kakas Barat menyalurkan dana bantuan langsung tunai (BLT) tahap II dari dana desa (DD) tahun 2020, guna membantu masyarakat yang terdampak pandemi virus corona atau COVID-19.

"Dana BLT tahap II yang bersumber dari dana desa, kepada 40 penerima masing-masing mendapat Rp600 ribu," kata Hukum Tua Desa Wasian Kakas Barat Marlein Lalamentik..

Dia menjelaskan bahwa BLT dana desa merupakan kebijakan pemerintah pusat untuk mendukung stimulus ekonomi dan menjaga daya beli masyarakat di tengah masa pandemi Covid-19. 

Dimana, katanya, penyaluran BLT dana eesa ini telah melalui berbagai tahapan dan saat ini sudah mulai direalisasikan.

“Tentu sudah dilaksanakan verifikasi, dan saat ini sudah tahap penyaluran di masyarakat yang dilaksanakan secara bertahap dengan sistem jemput bola, pihak bank langsung datang ke desa, serta tetap memperhatikan protokol kesehatan,” jelasnya. 

Camat Kakas Barat Jeane Sumendap memberikan apresiasi kepada pemerintah desa Wasian yang telah dengan cepat memfasilitasi BLT DD sehingga bisa segera disalurkan kepada masyarakat dengan tepat sasaran.

"Kami berharap masyarakat penerima, dapat memanfaatkan dana stimulus ini, untuk memenuhi kebutuhan keluarga, ataupun melakukan usaha bisnis kecil-kecilan untuk kelangsungan hidup," jelasnya.

Sekretaris Desa Wasian Stevira Parengkuan mengatakan penerima manfaat BLT dana desa adalah masyarakat yang membutuhkan dan belum mendapatkan bantuan sosial apapun. 

Pasalnya, kata Stevira, akibat virus corona banyak warga desa menjadi orang miskin baru karena kehilangan mata pencaharian.

Maka dari itu, katanya, BLT dari dana desa akan fokus diberikan kepada masyarakat yang belum mendapatkan bantuan sosial apapun. Khususnya pada masyarakat desa yang kehilangan pekerjaan dan pendapatan.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024