Sulut, Tahuna (ANTARA) - Kapolda Sulawesi Utara, Irjen Royke Lumowa mengunjungi tiga kabupaten kepulauan berjarak ratusan kilometer dengan ibu kota provinsi hanya dengan menggunakan Jetsky.

"Kunjungan Kapolda bersama Dan Lantamal VIII Manado, Brigjen Marinir, Donar Philip Rompas dan Forkopimda Sulut di mulai hari Sabtu 6/6 dengan mengunjungi Kabupaten Kepulauan Sitaro," kata Humas Polres Sangihe, Iptu Jacob Sedu di Tahuna, Senin.

Menurut dia, rombongan Kapolda tiba di dermaga Ulu Siau Timur kepulauan Siau pukul 11.30 WITA dengan menggunakan 5 unit Jetsky, 3 perahu karet dan 1 speeboad.

Dari Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kapolda melanjutkan pelayaran dengan menggunakan Jetsky menuju Kabupaten Kepulauan Talaud.

Dengan menempuh jarak kurang lebih 371,43 kilometer dengan waktu delapan jam tiga puluh menit, Kapolda bersama rombongan tiba di pelabuhan Melonguane Talaud pada Sabtu sore pukul 16.30 wita dijemput oleh Bupati Talaud Elly Engelbert Lasut, Kapolres Talaud AKBP Alam Kusuma S Irawan, dengan prosesi penyambutan secara adat.

Setelah bermalam di Kepulauan Talaud, Kapolda kembali menaiki Jetsky melanjutkan pelayaran pada Minggu siang menuju kepulauan Marore Kabupaten Kepulauan Sangihe.
  Kapolda Sulut tiba di pulau Marore di jemput Bupati Jabes Gaghana (1)h
Pukul 17.30 wita, Kapolda dan rombongan dijemput oleh Bupati Jabes Ezar Gaghana dan Kapolres serta jajaran Forkopimda Sangihe di pantai pelabuhan Marore sebagai wilayah terluar yang berbatasan langsung dengan Filipina.

Sebelum diterima secara adat, rombongan Kapolda di pantai pelabuhan menjalani protokol kesehatan berupa pengukuran suhu tubuh dan mencuci tangan menggunakan hand sanitizer.

Di Pulau Marore, Kapolda dan Dan Lantamal Manado beserta rombongan menyerahkan sejumlah bantuan kepada masyarakat setempat.

Bupati Sangihe Jabes Ezar Gaghana atas nama Forkopimda Kabupaten Sangihe dan masyarakat pulau Marore menyampaikan terima kasih atas kunjungan Kapolda dan rombongan.

"Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sangihe khususnya yang ada di kepulauan Marore menyampaikan terima kasih atas kunjungan pak Kapolda bersama rombongan di Marore sebagai wilayah perbatasan sekaligus telah memberikan bantuan kepada masyarakat," kata Bupati.

Setelah bermalam di pulau Marore, Senin siang, Kapolda bersama rombongan melanjutkan pelayaran menuju Tahuna.

Setelah melaksanakan berbagai kegiatan, Kapolda bersama rombongan juga bermalam di Tahuna dan rencana akan kembali ke Manado pada hari Selasa (9/6).

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024