Minahasa Tenggara (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara melalui Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Tatelu, Sulawesi Utara membagikan bantuan benih ikan calon induk bagi kelompok budidaya ikan yang terdampak penyebaran COVID-19.

"Ini perhatian pemerintah bagi para kelompok budidaya ikan yang terdampak penyebaran COVID-19, berupa paket bantuan program minapadi," kata Wakil Bupati Minahasa Tenggara Joke Legi di Ratahan, Minggu.

Ia meminta bantuan yang diberikan harus benar-benar dimanfaatkan oleh anggota kelompok budidaya sehingga bisa menambah pendapatan.

"Ketika sudah menerima bantuan, mari kita jaga dan pelihara, bahkan bisa kita kembangkan guna menambah pendapatan anggota kelompok budidaya, apalagi di tengah situasi pandemi sekarang ini,” ujarnya.

Joke juga mengapresiasi Dinas Perikanan dan BPBAT yang dengan cepat memberikan bantuan bagi para kelompok pembudidaya, di saat pandemi.

Adapun jumlah bantuan yang diserahkan menurut Kepala BPBAT Tatelu, terdiri dari 495.000 ekor benih ikan Nila untuk 29 Kelompok, 4.400 ekor calon induk ikan untuk 13 kelompok, serta paket bantuan Minapadi untuk 1 kelompok.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Minahasa Tenggara Vecky Monigir menambahkan, penyerahan bantuan ini tetap menerapkan prosedur pencegahan penularan COVID-19.

“Karena penyerahan bantuan ini melibatkan ratusan orang yang tergabung dalam puluhan kelompok penerima, maka kami membatasi jumlah anggota yang datang hanya sebanyak dua orang dengan ketentuan harus menggunakan masker, serta membagi jadwal waktu pengambilan bantuan agar tidak terkumpul banyak orang di waktu yang bersamaan,” kata Vecky.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024