Manado (ANTARA) - Menjaga kesehatan tubuh menjadi hal utama di tengah pandemi Covid-19. Sebagaimana halnya dilakukan Naufal Mahfudz, yang saat ini dikenal sebagai Direktur Umum dan SDM BPJAMSOSTEK.  

"Minum rebusan air daun sirih plus jahe telah menjadi kebiasaan rutin terutama di saat wabah corona saat ini,"kata Naufal.

Agar ramuan tradisional ini jadi terasa enak, ungkap mantan Direktur SDM dan Umum Perum LKBN ANTARA, perlu ditambahkan sedikit gula merah.

"Saya minum air rebusan ini dua kali sehari setelah bangun pagi dan sebelum tidur, cukup satu gelas ukuran 250 ml, dan hasilnya luar biasa, badan fit setiap hari,"kata Kandidat Doktor Sekolah Bisnis dan Manajemen IPB tersebut.

Kebiasaan minum ramuan tradisional ini sudah dilakukan jauh sebelumnya, tetapi kala itu hanya saat badan terasa flu dan batuk. "Saat minum daun sirih plus jahe dang gula merah, demam flu batuk cepat sekali pulihnya,"kata jebolan Magister Manajemen PPM Graduate School of Management itu.

Pengalaman hidup sehat dengan rebusan daun sirih, jahe dan gula merah ini, bukan hanya untuk  dirinya saja, tetapi juga dilakukan bersama dengan istri dan keluarga, terutama di saat badan terasa pilek.

Mantan Komisaris PT IMQ Multimedia Utama, mengatakan daun sirih sudah dikenal sebagai tanaman yang kaya khasiat, diantaranya sebagai antiseptik membunuh bakteri dan kuman, mengobati batuk, gatal, gusi berdarah, asam urat, pneumonia dan banyak lagi khasiatnya. 

Kandungan gingerol dalam jahe dipercaya mampu menghambat infeksi bakteri, meningkatkan sistem imun tubuh, sehingga dapat mencegah kerusakan DNA dan stres, dan bila diminum secara rutin membantu mengatasi pilek dan flu.

Untuk itu Maufal mengajak masyarakat Indonesia saat ini untuk menjaga kesehatan sebaik-baiknya ditengah ancaman virus yang telah membuat dunia ini terguncang, dengan memanfaatkan kekayaan alam yang ada di sekitar, yang sudah dicoba manfaatnya.

 

Pewarta : Guido Merung
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024