Manado (ANTARA) - Kepala Stasiun TVRI Sulawesi Utara Dra Meggy Theresia Rares, MSi  mengatakan siap memfasilitasi kegiatan keagamaan di daerah tersebut, dengan siaran langsung gratis untuk pelaksanaan ibadah sehingga umat beragama dapat menyaksikan dan mengikuti dari rumah masing-masing sebagai bagian dari social dan psysical distancing mencegah penyebaran virus COVID-19.

"Mulai Minggu (29/3), TVRI Manado akan menayangkan siaran langsung Misa Uskup Manado Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC dari Gereja Katedral  pukul 09.00 Wita, umat dapat mengikuti ibadah dari rumah masing-masing," kata  Meggy, di Manado, Jumat. 

Meggy mengatakan siaran langsung ibadah, akan dilaksanakan selama kegiatan berdiam di rumah masih tetap diterapkan pemerintah guna memutus rantai penyebaran virus corona.

"Umat Katolik ada perayaan Tri Hari Suci yakni Kamis Putih, Jumat Agung dan Malam Paskah. TVRI akan mengupayakan upacara dan misa   istimewa tersebut disiarkan secara langsung," kata Meggy.

Sebagai lembaga penyiaran publik, kata Meggy maka TVRI terus  menjadi media pemersatu bangsa, karena itu di kala masyarakat mengalami situasi yang tidak terduga ini, maka sudah selayaknyalah turun ke bawah membantu memberi layanan agar masyarakat dapat melaksanakan ibadah dengan baik.

Diketahui, selain TVRI Manado yang akan melaksanakan siaran langsung misa, juga dilakukan TVRI nasional melalui Keuskupan Agung Jakarta.

"TVRI Manado siap menggelar siaran langsung dari semua gereja ataupun masjid yang ada di Manado dan sekitarnya dan semuanya gratis," kata Meggy.

Adanya siaran langsung misa melalui TVRI, mendapat tanggapan positif umat katolik di Keuskupan Manado. 

"Ini sangat membantu umat agar lebih khusuk berdoa kepada Tuhan, selain itu umat tidak perlu mengeluarkan dana lebih karena harus membeli paket data, bila misa dilakukan melalui live streaming sebagaimana misa minggu pekan lalu," kata Fabian Kaloh, anggota DPRD Provinsi Sulut, yang juga Ketua KBK Kevikepan Bitung.




 

Pewarta : Guido Merung
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024