Sulut, Tahuna (ANTARA) - Bupati Sangihe, Sulawesi Utara  Jabes Ezar Gaghana mengatakan, stok pangan bagi masyarakat kepulauan  masih cukup untuk kebutuhan hingga empat bulan ke depan.

"Stok pangan cukup, karena itu masyarakat supaya.tenang, kalau membeli sesuai kebutuhan saja," kata Bupati Jabes Gaghana di Tahuna, Selasa.

Menurut Bupati, selain stok pangan yang ada di gudang para pedagang, juga tersedia di gudang Bulog Tahuna serta pangan lokal yang diproduksi oleh petani.

"Masyarakat tidak perlu membeli barang dalam jumlah yang banyak sebab pemerintah tetap menjamin ketersediaan pangan," kata Bupati.

Masyarakat diimbau untuk mengurangi kegiatan di luar rumah dan tetap menjaga kebersihan serta kesehatan.

"Kami mengimbau masyarakat untuk tidak panik sebab stok pangan di Sangihe masih cukup," kata Bupati.

Dia mengatakan, pemerintah selalu memantau stok pangan termasuk melakukan peninjauan di pasar.

"Kami telah melakukan peninjauan sekaligus komunikasi dengan pedagang serta masyarakat yang ada di pasar Towo Tahuna guna mengecek stok pangan serta merekam keluhan masyarakat," kata Bupati.

Masyarakat saat ini diminta untuk terus mematuhi setiap anjuran yang disampaikan pemerintah dalam mencegah penyebaran COVID-19.

"Kalau tidak terlalu penting sebaiknya masyarakat tetap berada di rumah dan membersihkan lingkungan serta sesering mungkin mencuci tangan," kata Bupati.

Kepala Bulog Tahuna, Meydi Maxi Wongkar mengatakan stok beras di gudang Bulog Tahuna masih cukup untuk kebutuhan beberapa bulan ke depan.

"Stok  Bulog Tahuna masih 400.000 kg. Dan ini masih cukup untuk kebutuhan masyarakat beberapa bulan," kata dia.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024