Manado (ANTARA) -  Bawaslu Manado, menyatakan tahapan verifikasi administrasi (Vermin) terhadap berkas dukungan bakal calon (balon) perseorangan, wali kota dan wakil wali kota Manado, berjalan baik.

"Sejauh ini dari laporan tim Bawaslu, yang setiap hari melakukan pengawasan di KPU Manado, semuanya berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku," kata Wakil Ketua Bawaslu Manao, Heard Runtuwene, di Manado, Selasa. 

Dia menjelaskan, sejak awal dimulai ketika pasangan bakal calon perseorangan Franky Kambey- Daud Kirojan (KAKI) membawa berkas dukungan, Bawaslu Manado dipimpin langsung ketua Marwan Kawinda, sudah hadir melakukan pengawasan.

Saat itu katanya, semuanya berjalan baik, dan saat diteruskan dengan verifikasi Bawaslu juga tetap mengawasi semuanya berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, atau berada di koridornya. 

"Semua dilakukan mengikuti aturan, dan berdasarkan laporan harian tim pengawas yang ada di lokasi setiap hari, pokja yang mengelola hal tersebut bekerja dengan baik," katanya. 

Dia menjelaskan, vermin  akan dilakukan sampai 25 Maret, karena nanti pada 26 akan dilanjutkan dengan verifikasi faktual dan di situ Bawaslu juga ikut bahkan terlibat langsung. 

Tim Bawaslu, kata Heard mulai dari Panwaslur, Panwascam hingga Bawaslu akan bersama dengan PPS, PPK, dan KPU melakukan verifikasi faktual dalam fungsi pengawasan di lapangan. 

Jadi katanya, jika ada sesuatu hal yang tidak benar bisa langsung ketahuan dan pihaknya memberikan peringatan agar tidak menimbulkan masalah, sehingga semua tahapan bisa berjalan dengan benar.

"Jadi sampai hari ini semuanya berjalan lancar sesuai dengan ketentuan dan tidak ada laporan salah atau lainnya," katanya. ***

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024