Manado (ANTARA) - Sebanyak 467 orang, mengikuti tes tertulis calon tenaga ad hoc  panitia pemungutan suara (PPS) untuk 87 Kelurahan di Kota Manado, Rabu. 

"Ujian tertulis hari ini dilaksanakan untuk mencari enam orang yang akan bertugas di setiap kelurahan," kata Komisioner KPU Manado, Ismail Harun, di Manado. 

Dia mengatakan tes dilaksanakan dalam waktu 60 menit atau 1 jam, di ruang serba guna kantor wali kota Manado, di mana para peserta harus mengisi 50 soal yang telah disusun oleh tim dari KPU Manado.  tes calon PPS di ruang serbaguna kantor wali kota Manado. (Jo/ANTARA) (1)
Materi tes tersebut kata Harun, dikelompokkan ke dalam dua bagian besar 40 tentang teknis pekerjaan termasuk aturan kemudian sisanya tentang kewilayahan yang merupakan tempat mengabdi para calon PPS tersebut. 

Dia mengatakan 6 orang terbaik akan diumumkan sebagai bakal calon terpilih yang nantinya akan dipilih 3 orang lagi untuk dilantik sebagai PPS.  Antre memasukan lembar soal dan (Jo/ANTARA) (1)
"Artinya 3 orang lagi akan menjadi calon pengganti jika sewaktu-waktu anggota PPS yang dilantik tidak bisa melaksanakan tugas secara tetap," kata Harun. 

Di sisi lain dia mengakui jumlah calon PPS yang mengikuti tes tersebut belum mencapai target yang ditetapkan sehingga pihaknya sudah melakukan berbagai langkah antisipasi. 

Dia mengatakan pengumuman bagi calon yang dinyatakan lulus akan dilakukan pada tanggal 8 Maret oleh KPU Manado, selaku penyelenggara pesta demokrasi di daerah yang juga merekrut para tenaga tersebut. ***

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024