Sulut, Tahuna (ANTARA) - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabuparen Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara, Rivo Pudihang meminta masyarakat mewaspadai bencana di musim hujan.

"Kami meminta semua masyarakat agar mewaspadai bencana di musim hujan seperti saat ini," kata Rivo Pudihang di Tahuna, Senin.

Menurut dia, Kabupaten Kepulauan Sangihe merupakan salah satu daerah rawan bencana.

"Kabupaten Sangihe merupakan daerah rawan bencana sehingga masyarakat terus diingatkan untuk meningkatkan kewaspadaan di musim hujan," kata dia.

Dia mengatakan hujan disertai angin yang melanda Kepulauan Sangihe beberapa hari ini rawan terhadap tumbangnya pohon.

"Masyarakat harus mewaspadai adanya bahaya, termasuk menghindar dari pohon tumbang akibat angin kencang," kata dia.

Disamping itu, kata dia, sebagai daerah yang berbukit, ancaman longsor di musim hujan sering terjadi. Hal ini juga perlu diwaspadai.

"Masyarakat harus mewaspadai bahaya longsor ketika melintasi wilayah perbukitan di musim hujan seperti saat ini," kata dia.

Kepala BPBD juga mengingatkan masyarakat agar tidak menyebar luaskan berita bohong mengenai bencana alam karena akan meresahkan masyarakat.

"Agar tidak meresahkan masyarakat, jangan menyebarluaskan informasi kejadian yang belum jelas kebenarannya karena dapat menimbulkan keresahan di masyarakat," kata dia.

Dia juga meminta masyarakat agar segera melapor kepada aparat setempat apabila terjadi bencana atau kecelakaan.

"Informasikan secepatnya kepada aparat bila terjadi bencana atau kecelakaan agar segera dilakukan penanganan oleh petugas," kata dia.*

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024