Manado (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) tingkatkan koordinasi antisipasi kerawanan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 di daerah tersebut.

"Bawaslu Minut konsen melakukan koordinasi dan sosialisasi ke seluruh stakeholder, dalam mengantisipasi Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) pilkada serentak 2020," kata Koordinator Divisi Hukum Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Rocky Ambar di Minut, Sabtu.

Dia mengatakan kondisi IKP Minut harus diantisipasi dengan serius. Kabupaten Minut, berada pada level rawan tinggi dengan skor 70.62 persen.

"Menyikapi kondisi IKP ini, salah satunya dengan melakukan berbagai kegiatan rapat koordinasi dengan semua stakeholder, baik itu pemerintah, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda LSM dan Ormas,” kata Rocky.

Menurut Rocky diperlukan pemahaman yang sama untuk sukseskan pilkada di Minut.

”Kami berharapan setiap tahapan dan proses pilkada di Minut dapat berjalan dengan baik,” ujarnya.

Bawaslu Minut tetap akan melakukan kegiatan yang positif serta tetap menjaga koordinasi yang baik dengan semua pihak termasuk peserta pemilu dalam pilkada dan masyarakat serta pemerintah sehingga harapan dapat menurunkan persentase IKP di Kabupaten Minahasa Utara.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024