Manado (ANTARA) - Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) atau Basarnas Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito mengatakan setiap personelnya senantiasa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta profesionalisme dan soliditas.

"Ini dalam rangka meningkatkan kualitas SDM Basarnas," katanya dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Basarnas Manado Suhri Sinaga dalam peringatan HUT Ke-48 Basarnas di Minahasa Utara, Jumat.

Ia menambahkan personel juga harus meningkatkan sinergitas dan kesiapsiagaan.

"Personel untuk menjaga sinergitas dan membina potensi SAR, serta meningkatkan kesiapsiagaan dan memberikan respons cepat dalam kegawatdaruratan dalam kecelakaan, bencana, maupun kondisi membahayakan jiwa manusia," katanya.

Peringatan HUT Ke-48 Basarnas mengangkat tema "Profesional, Sinergi dan Militan untuk Indonesia Maju”.
  Donor darah digelar Basarnas Manado dalam memperingati HUT Ke-48 Basarnas. ANTARA/HO-Humas Basarnas Manado

Dalam menyambut HUT Basarnas di daerah itu telah dilaksanakan berbagai kegiatan, seperti donor darah dan lomba catur, pertandingan tenis meja dan futsal, serta lomba uji ketangkasan evakuasi korban di medan ketinggian.

Suhri Sinaga mengatakan donor darah melibatkan pegawai Basarnas serta Darma Wanita Persatuan. Dalam kegiatan tersebut terkumpul 30 kantong darah.

Selain itu, pihaknya melakukan pemeriksaan kesehatan secara gratis bekerja sama dengan PMI Sulut dan Kimia Farma.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024