Manado (ANTARA) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulawesi Utara melakukan percepatan pencapaian target Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Banggakencana) di daerah itu.

Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulawesi Utara Diano Tino Tandaju mengatakan, jajarannya terus melakukan percepatan untuk mencapai target program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana (Banggakencana).

"Kita terus berupaya agar dengan program yang sudah ada saat ini (Banggakencana) target-target yang belum tercapai, kita dorong agar bisa terpenuhi," kata Kepala Perwakilan BKKBN Sulut Diano Tino Tandaju pada Rakorda Program Banggakencana di Manado, Rabu.

Dia menyebutkan Total Fertility Rate (TFR)  usia 19-45 tahun sebesar 2,54 per perempuan usia subur dari target 2,18, target putus pakai kontrasepsi baru 34,9 persen, sedangkan targetnya 24,6 persen, serta angka kebutuhan ber-KB yang tidak terpenuhi 9,2 persen, sedangkan targetnya 7,35 persen.

Selain itu,  katanya, pencapaian persentase peserta KB aktif Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) 33,17 persen, sedangkan targetnya 26,73 persen.

"Masih banyak yang harus kita tindaklanjuti dengan berbagai percepatan program dan kegiatan prioritas, tidak hanya di level pemerintah provinsi, akan tetapi implementasi di lini lapangan yang secara langsung memberikan manfaat nyata bagi masyarakat," ujarnya.

Diano menyebutkan pada tahun ini pemenuhan target-target Program Banggakencana dilakukan melalui empat program kerja utama, yakni membangun isu-isu kependudukan, meningkatkan sosialisasi di kelompok-kelompok kegiatan bina keluarga remaja serta Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) dalam rangka Age Specifik Fertility Rate (ASFR) remaja perempuan berusia 15-19 tahun.

Program selanjutnya, meningkatkan kampanye dan sosialisasi program keluarga berencana di Kampung KB serta inovasi melaksanakan Program Grebek Pasar.

Dalam rakorda itu, BKKBN menaruh harapan besar agar Program Banggakencana mampu diterjemahkan di seluruh tingkatan agar tercapai keluarga berkualitas serta pertumbuhan penduduk yang seimbang dapat diraih.
 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024