Manado (ANTARA) - Wali Kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban berharap dana kelurahan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi (PE) Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Sesuai target pemerintah provinsi pertumbuhan ekonomi berada di angka 6,2 persen untuk tahun 2020 ini, dan juga harus diikuti semua kabupaten dan kota, termasuk Bitung," kata Lomban di Bitung, Rabu.

Lomban menjelaskan sehingga dana kelurahan yang dikuncurkan tahun ini diharapkan dapat memberikan dampak cukup besar pada pertumbuhan ekonomi daerah.

"Saya rasa ini akan berdampak pada perekonomian, karena dana kelurahan dikucurkan di 69 kelurahan," katanya.

Ia mengatakan dana kelurahan terbagi dua, pertama melalui APBN dengan berpedoaman dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri yang sudah dilaksanakan pada tahun sebelumnya, dan dana kelurahan yang kedua murni dari APBD  dengan mekanisme Peraturan Walikota.

Lanjutnya, dana tersebut untuk kegiatan fisik di lapangan dan dikerjakan dengan pola padat karya atau kelompok masyarakat (Pokmas) bertujuan, agar masyarakat banyak terlibat didalamnya dan menikmati hasil dari dana tersebut. 

“Dengan harapan kegiatan ini dapat meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat yang ada di Kelurahan Bitung Timur,” ujar Lomban.


 

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024