Manado (ANTARA) - Wali Kota Bitung, Sulawesi Utara Max Lomban mengatakan pihaknya terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui dana kelurahan.

"Kami menyediakan dana kelurahan untuk melakukan pembangunan fisik di 69 kelurahan Kota Bitung," kata Lomban di Bitung, Rabu.

Dia mengatakan untuk tahap pertama ada sebanyak delapan kelurahan sebagai pilot project menggelar peletakan batu pertama program dana kelurahan.

Untuk kedelapan kelurahan yang menggunakan program dana kelurahan tersebut yakni Kelurahan Madidir Unet Kecamatan Madidir, Kelurahan Manembo-nembo Atas Kecamatan Matuari, Kelurahan Batuputih Atas, Kelurahan Batuputih Bawah Kecamatan Ranowulu, Kelurahan Makawidey, Kelurahan Kasawari Kecamatan Aertambaga, Kelurahan Kelapa Dua, dan Kelurahan Mawali Kecil Kecamatan Lembeh Utara.

Lomban mengatakan sebelumnya ada dua kelurahan yang sudah dilaksanakan. Kemudian dilanjutkan pilot project di delapan kelurahan.

"Dengan demikian sudah ada 10 kelurahan yang menjadi proyek percontohan dari 69 kelurahan di Bitung,” ungkap Lomban.

Wali kota itu menjelaskan dana tersebut untuk kegiatan fisik di lapangan dan dikerjakan dengan pola padat karya atau kelompok masyarakat (Pokmas).

Program ini, katanya, bertujuan agar masyarakat banyak terlibat di dalamnya dan menikmati hasil dari dana tersebut, dengan harapan kegiatan ini dapat meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat yang ada di kelurahan tersebut.

Selaku pemerintah, Lomban juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah memberikan lahan mereka untuk dijadikan sebagai piilot project dalam membangun vasilitas umum di 8 kelurahan.

Pewarta : Jerusalem Mendalora

Copyright © ANTARA 2024