Manado (ANTARA) - Personel Polres Kepulauan Talaud bersama Bhayangkari setempat kembali melakukan penanaman berbagai jenis pohon di kawasan Pantai Arangacca, Kelurahan Melonguane, Talaud, Sulawesi Utara, Senin.

Penanaman pohon itu diprakarsai oleh Satuan Binmas Polres Kepulauan Talaud, dengan tema "Menanam Satu Pohon Menyelamatkan Ribuan Makhluk Hidup, Jagalah Kehijauannya, Jagalah Kebersihannya dan Nikmati Keindahannya".

Dalam kegiatan tersebut Kapolres AKBP Alam Kusuma S Irawan bersama Ketua Bhayangkari Cabang Talaud Gita Alam Kusuma dan Wakapolres Kepulauan Talaud Kompol Maria Boki Buida secara simbolis melaksanakan penanaman pohon bakau.

"Kegiatan penanaman pohon harus terus dilakukan terutama di Kabupaten Kepulauan Talaud untuk menjaga dari abrasi oleh gelombang laut," kata Kapolres.

Ia menambahkan, kalau kita tidak melakukan penanaman pohon dari sekarang dikhawatirkan luas pulau di Kabupaten Kepulauan Talaud akan terus berkurang.

Kapolres mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Kepulauan Talaud untuk menanam pohon di sekitar tepian pantai dan sungai untuk menjaga dari abrasi.

"Kalau bukan sekarang kapan lagi kita memulai program penghijauan ini," kata Kapolres.

Adapun yang ditanam yaitu pohon bakau, ketapang, pohon bitung dan beberapa jenis pohon lainnya.

Pewarta : Jorie MR Darondo

Copyright © ANTARA 2024