Manado (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengharapkan agar petani dapat memanfaatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan baik.

"KUR yang disalurkan perbankan untuk petani dengan bunga murah dan disubsidi oleh pemerintah, namun harus digunakan secara bertanggungjawab, pinjaman harus dikembalikan," kata Olly di Manado, Kamis.

Olly mengatakan masyarakat dapat memanfaatkan KUR dengan tanggungjawab dan dikembalikan sesuai aturan.

“Kelompok tani kalau ada hambatan, lapor. Kalau mendapatkan KUR, manfaatkan bantuan ini dengan benar. Uang ini harus kembali dengan bunga sangat rendah, kita beruntung karena Sulut dapat perhatian dari pihak perbankan,” katanya.

Direktur Utama BSG Jeffry Dendeng mengatakan PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara Gorontalo (BSG) mendukung penanggulangan kemiskinan melalui peminjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR).

"Kami senantiasa mendukung upaya pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), penciptaan lapangan kerja, dan penanggulangan kemiskinan melalui pembiayaan antara lain dilakukan dengan memberikan penjaminan kredit bagi UMKM melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR)," katanya.

Untuk kebijakan KUR tahun 2020 pemerintah melakukan kebijakan dimana suku bunga diturunkan dari 7 persen menjadi 6 persen. Total plafon KUR ditingkatkan dari Rp140 triliun menjadi Rp190 triliun, juga terjadi peningkatan plafon KUR Mikro dari Rp25 juta menjadi Rp50 juta per debitur.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw

Copyright © ANTARA 2024