Manado (ANTARA) - Ajang pameran Legislative Sulutgo Expo ke-8 yang akan berlangsung  di Manado Town Square (Mantos)  3-6 Maret 2020, akan menyajikan berbagai kegiatan.

"Sejumlah agenda  telah disiapkan pada kegiatan Legislative Sulutgo Expo  2020," kata Direktur Legislative Ekspo Janny Kopalit, di Manado,  Selasa.  

Ia mengatakan pada kegiatan  yang mengangkat tema "Wakil rakyat energi baru harapan baru"  akan menggelar talk show antara lain tentang Komunikasi Politik dan Politik Beretika dengan nara sumber Yunarto Wijaya. Kemudian talk show tentang tugas, fungsi dan program dewan menghadirkan pimpinan DPRD dan Ketua AKD, Penyusunan APBD yang berbasis E- Planing dan E- Budgeting serta potensi korupsi pembicara dari BPK, BPKP dan KPK. Serta talk show  tentang Pilkada serentak 2020 dan Partsipasi pemilik menghadirkan KPU-Bawaslu, Kesbangpol Sulawesi Utara.

Ia mengatakan kegiatan lainya dilaksanakan  yakni forum pimpinan dewan dan anggota DPD/DPR-RI, kemudian "Rakyat bertanya,  wakil rakyat menjawab".

Pada kegiatan ini dilakukan kunjungan kelompok-kelompok masyarakat dan organsiasi di masing-masing stan peserta

Kemudian studi banding di lokasi expo, yakni setiap peserta expo untuk saling berkunjung dan dapat berkomunikasi saling tukar menukar informasi sehingga dapat menghasilkan sesuatu seperti layaknya kunjungan studi banding ke luar daerah.

"Juga akan dilaksanakan  simulasi rapat kerja DPR-RI dengan pesertanya para mahasiswa, lomba fashion show  baju dinas/resmi, lomba Expo Go Talent, pidato politik dan catur perorangan," katanya.

Ia mengatakan tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang fungsi dan tugas DPRD.

Selain itu, kegiatan ini juga akan menambah pengetahuan bagi anggota dewan, mengingat sekitar 60 persen anggota DPRD kabupaten dan kota maupun provinsi di Sulawesi Utara (Sulut) dan Gorontalo juga merupakan muka-muka baru.***2***



 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024