Manado (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menyalurkan bantuan bagi warga di tiga desa di Kabupaten Kepulauan Sangihe yang terdampak banjir.

"Pemerintah daerah terus memberikan bantuan untuk warga Yangon terkena bencana banjir bandang maupun tanah longsor," sebut Kepala Bagian Humas Christian Iroth di Manado, Senin

Christian mengatakan, pada tanggal 3 Januari 2020, banjir bandang dan tanah longsor menerjang tiga desa, yaitu Desa Lebo dan Belengang di Kecamatan Manganitu, serta Desa Ulung Peliung di Kecamatan Tamako.

Bencana tersebut telah menghanyutkan sejumlah rumah warga, beberapa korban cedera dan sedikitnya menelan tiga korban jiwa.

"Bantuan yang telah disalurkan melalui Pelabuhan Manado ke Sangihe sejak terjadinya bencana hingga sekarang ini berupa selimut, kasur/matras, tikar plastik, beras, mie instant, ikan kaleng, biskuit, makanan bayi dan air mineral," sebutnya.

Bantuan tersebut diserahkan langsung kepada para korban melalui Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemprov Sulut Edison Humiang, Kadinsos Sulut Rinny Tamuntuan dan Kepala BPBD Sulut Joi Oroh.

Pemprov Sulut terus mengingatkan warga yang berada di bantaran sungai, tebing atau lereng gunung mewaspadai bencana banjir dan tanah longsor.

Warga diharapkan dapat memanfaatkan informasi-informasi yang dikeluarkan BMKG berkaitan dengan cuaca sehingga bisa dijadikan rujukan saat akan melakukan aktivitas.***3***


Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024