Manado (ANTARA) - Penumpang yang menggunakan jasa transportasi udara di Bandara Sam Ratulangi (Samrat) selama periode liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun 2019/2020 mencapai 91.142 orang.

"Tercatat selama periode posko Nataru 2019/2020 (19 -31 Desember 2019), Bandara Sam Ratulangi mencatat pertumbuhan pergerakan penumpang yang positif yakni 4 persen atau sebesar 91.142 penumpang," kata General Manager AP 1 Bandara Samrat Manado Minggus Gandeguai di Manado, Jumat.

Dia mengatakan selain penumpang yang meningkat, juga kargo naik dua persen atau sebesar 603 ton jika dibandingkan dengan periode posko yang sama tahun lalu.


Posko Terpadu Angkutan Udara Natal dan Tahun Baru (NATARU) 2019/2020 kembali dilaksanakan di Bandara Sam Ratulangi Manado. Penyelenggaraan Posko Terpadu Nataru ini sebagai bentuk komitmen Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan Republik Indonesia untuk menjamin keamanan dan keselamatan serta mengoptimalkan jasa pelayanan udara dalam pelaksanaan Angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 melalui pembentukan Posko Terpadu Angkutan Udara di seluruh Bandar Udara khususnya di Bandara Sam Ratulangi Manado.


Minggus menambahkan diproyeksikan selama periode posko ini akan terjadi peningkatan pergerakan penumpang sebanyak dua persen atau sebesar 123.477 penumpang dibandingkan periode posko tahun lalu yang mencapai 120.191 penumpang, sedangkan pergerakan kargo diprediksi akan meningkat mencapai 13 persen atau sebesar 765 ton.

“Melihat cuaca saat ini yang sering turun hujan cukup deras, perlu menjadi perhatian ekstra kita bersama adanya kemungkinan keterlambatan (delay) atau pengalihan penerbangan (divert) dikarenakan cuaca sehingga perlu diantisipasi khususnya terkait pelayanan terhadap penumpang yang terdampak. Saya berharap Posko Nataru ini dapat berjalan lancar serta bermanfaat bagi para pengguna jasa khususnya para penumpang yang akan melakukan mudik Natal dan Tahun Baru melalui Bandara Sam Ratulangi,” pungkas Minggus.

Tercatat sebanyak 95 personel gabungan yang terlibat dalam Posko Terpadu NATARU kali ini, selain internal PT Angkasa Pura I (Persero) terdapat personel eksternal yang akan bergabung diantaranya Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Utara, Kantor Otoritas Bandara Wilayah VIII Manado, Airnav Indonesia, TNI-AU Manado, TNI-AL Manado, Polsek Kawasan Bandara, BMKG, KKP, Basarnas, PT Jasindo, Airlines dan Ground Handling.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024