Manado (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dan Pengprov Pordasi setempat sukses menggelar kejuaraan pacuan kuda North Sulawesi Christmas Festival 2019 di gelanggang pacuan kuda Maesa Tompaso, Minahasa, Sabtu (28/12).

Kejuaraan pacuan kuda ini memperebutkan piala OD-SK dan diikuti kuda pacu handal dari stable terbaik Sulut, Gorontalo dan Jawa Barat serta menjadi sarana hiburan bagi ribuan masyarakat Sulut.
Bahkan ada dari luar daerah seperti Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur,Gorontalo, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat yang datang untuk menyaksikan langsung.

Gubernur Olly Dondokambey dalam sambutan dibacakan Inspektur Provinsi Sulut M.M. Onibala, mengatakan  memberikan apresiasi kepada Pengprov Pordasi Sulut yang rutin pada setiap tahun menyelenggarakan kejuaraan pacuan kuda North Sulawesi Christmas Festival.

"Kejuaraan pacuan kuda North Sulawesi Christmas Festival digelanggang pacuan kuda mpMaesa Tompaso yang digelar   setiap tahun yang dilaksanakan Pengprov Pordasi Sulut, memberikan dampak positif bagi perkembangan pariwisata di daerah karena banyak turis lokal yang menyaksikan" katanya.

Bahkan kata gubernur, disamping itu juga Pengprov Pordasi Sulut rutin pada setiap bulan menyelenggarakan kejuaraan pacuan kuda yang tentunya memberikan dampak bagi kehidupan masyarakat antara lain meningkatnya kesejahteraan bagi petani dan peternak di daerah.

Dalam memasuki tahun baru, Gubernur mengajak masyarakat untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban serta tidak terprovokasi terhadap segala upaya yang berusaha memecah belah kesatuan bangsa dan tetap menjaga toleransi serta persatuan menuju Sulut Hebat, NKRI harga mati.

"Meskipun Sulut  sampai hari ini dikatakan daerah yang begitu toleran, kebersamaannya ada, kita harus tetap waspada supaya kita tidak terlena dengan situasi dan kondisi yang ada saat ini,” katanya.

Gubernur juga menerangkan kerukunan masyarakat yang terjaga hingga kini menjadi kunci majunya pariwisata Sulut hingga menarik minat wisatawan mancanegara berkunjung ke daerah ini.

Hadir pada saat itu antara lain Kadis Perkebunan Sulut Refly Ngantung, Plt Kadis ESDM Sulut Fransiscus Maindoka, Plt.Kadis kebudayaan Provinsi Sulut Jendry Sualang dan Plt.Karo Organsasi Setda Sulut Ch.S.M.Sondakh.

Adapun hasil keseluruhan kejuaraan pacuan kuda north sulawesi christmas festival 2019 untuk Kelas Perdana C/D jarak 800 meter memperebutkan Piala Ketum Pengprov Pordasi Sulut juara pertama kuda  Catalina dengan joki F. Paendong dan pelatih Bosco dari All Star Stable pemilik Brando M dari Manado, diikuti kuda Resmob Vansel joki Jonathan L dan pelatih H.Rumagit dari Vansel Stable pemilik G.Tewu dari Minahasa kemudian kuda Sky Prince joki R.Saada pelatih R.Waworuntu dari Prince Star Stable pemilik Prince S dari Minahasa.

Kelas Perdana A/B jarak 800 meter memperebutkan Piala Kadis Pertanian dan Peternakan Sulut juara pertama kuda Samsonov dengan joki F.Paendong, pelatih Bosco S dari All Star Stable pemilik A. Lempoy dari Manado, diikuti kuda Cloud Ziegen joki V.Wongkar pelatih V.Pantouw dari Ziegen Stable pemilik Y. Porayouw dari Minahasa kemudian kuda Queen Riveira joki Sonny Wenas pekatih Bosco S dari All Star Stable Manado.

Kelas Calon Remaja Divisi 2 jarak 1000 meter memperebutkan Piala Inspektur Provinsi Sulut juara pertama kuda Bless Royal joki R.Saada pelatih R Waworuntu dari Prince Star Stable pemilik Prince S dari Minahasa, diikuti kuda Minahasa Bold joki F.Sangian pelatih E.Telew dari Pinabetengan Stable pemilik H. Kindangen dari Mianahasa kemudian kuda Prima Simpati joki B.Turangan pelatih H.Turangan dari Simpaty Stable pemilik  E.Tandayu dari Minahasa.

Kelas E/F jarak 1.000 meter memperebutkan Piala Kadis Kebudayaan Sulut juara pertama kuda Queen Kairo joki A.Pantouw pelatih A.Kamu dari King Royal Park pemilik J.Kamu dari Minahasa, disusul kuda Pesona Kasih joki Jonathan L pelatih Billy K dari Kasih Stable pemilik Hansje Poli dari Minahasa kemudia  kuda Permata Kasih dengan joki S.Sondakh pelatih Billy K dari Kasih Stable pemilik Hansje Poli dari Minahasa.

Kelas A Sprint jarak 1.200 meter memperebutkan Piala Kadis ESDM Sulut juara pertama kuda Tiana Nagari joki F.Sangian pelatih M.Bahar dari Bendang Stable pemilik M Bahar Manado disusul kuda Infinity Lady joki S.Wenas pelarih Bosco S dari All Star Stable pemilik A.Runtuwarouw Manado kemudian kuda .Bless Perjuangan joki Robby S pelatih M.M.Onibala dari M20 Stable pemilik Melina Onibala Minahasa.

Kelas D jarak 1200 meter memperebutkan Piala Kadis Perkebunan Sulut juara pertama kuda Stinky dengan joki S.Sondakh pelatih Marten N dari Gurfan Stable pemilik Gurfan dari Gorontalo, disusul kudaTuama Jaton joki J.Singal pelatih H.Sondakh dari Pintara Stable pemilik Resa Latif dari Mianahasa kemudian kuda Red Ziegen joki V. Wongkar pelatih F.Pantouw dari Ziegen Stable pemilik Irjen Pol Sigid Tri Harjanto dari Manado.

Kelas C Jarak 1300 meter memperebutkan Piala Sekprov Sulut juara pertama kuda.Alana joki H.Paendong pelatih H.Rori dari Prima Sion Stable pemilik A.Turangan dari Manado disusul kuda Red Dareta joki Jonathan L pelatih H.Momongan dari Aragon Stable pemilik Karina & Karisa Saddak dari Jabar kemudian kuda Bintang Perjuangan joki R.Saada.

Kelas Calon Remaja Jarak 1.300 meter memperebutkan Piala Wagub Sulut juara pertama kuda Lady Jane dengan joki A.Patouw pelatoh A.Kamu dari Berlian Stable pemilik Joppy Umboh dari Bitung diikuti kuda Kapten joki H.Paendong pelatih H.Rori dari Prima Sion Stable pemilik A.Momongan dari Manado disusul kuda Bintang Metivity joki Bosman P pelatih Defie Supit dari Palma Stable pemilik Memmy dari Gorontalo.

Kelas Calon Derby Jarak 1.400 meter memperebutkan Piala Adria Pratama Mulya Center juara pertama kuda  Elyria Nagari joki F.Walangitan pelatih M.bahar dari Bendang Stable pemilik James Waani dari Manado, diikuti kuda Queen Eternity joki S.Wenas pelatih Bosco S dari All Star Stable pemilik D.Liwe dari Manado kemudian kuda Cahaya Sion joki H.Paendong pelatih H.Rori dari Prima Sion Stable pemilik A.Pesik dari Manado.

Kelas Terbuka Jarak 1.600 meter memperebutkan Piala Gubernur Sulut juara pertama kuda Primadona joki H.Paendong pelatih H.Rori dari Prima Sion Stable pemilkk E.Pantouw dari Manado disusul kuda Manguni Makasiouw joki A.Roring pelatih H.Roring dari Manguni Makasiouw Stable pemilik H.K.Luntungan dari Minut disusul kuda Bold joki Jones P pelatih H.Rori dari Prima Sion Stable pemilkk Donal Asiku dari Manado.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024