Manado (ANTARA) - Direktur Utama PT Jasamarga Manado Bitung, George Manurung mengatakan sebanyak 3.500 kendaraan telah melintasi tol Manado-Bitung saat dibuka fungsional mulai hari ini.

"Kendaraan yang masuk dari Bitung ke Manado sebanyak 2.000 unit, sementara dari Manado ke Bitung sebanyak 1.500 kendaraan," kata Manurung di Manado, Jumat.

Dia mengatakan, sejak dibuka pukul 08.00 WITA, kendaraan tersebut langsung memadati pintu tol yang berada di gerbang utama.

"Kami melihat respon masyarakat yang menggunakan jalan tol Manado-Bitung sangat baik, cukup tinggi bahkan beberapa saat setelah dibuka jumlahnya sudah lebih dari seratus kendaraan," jelasnya.

Manurung menambahkan, pihaknya telah memasang berbagai rambu lalu lintas dan pengguna tol dapat mematuhi rambu tersebut untuk menghindari terjadinya kecelakaan.

"Tol ini hanya difungsionalkan sejak pukul 08.00 WITA hingga 17.00 WITA, mari dimanfaatkan dengan baik. Kami tetap berharap pengguna tol mematuhi semua rambu yang dipasang," ujarnya.

Setelah dibuka fungsional, tambah Manurung, fasilitas lainnya seperti ambulans, kendaraan derek hingga mobil patroli sudah disiapkan untuk mengantisipasi apabila terjadi kendala selama tol ini digunakan.

"Jangan melakukan swafoto di sepanjang ruas tol mulai dari Manado hingga Manembo-Nembo karena sangat berbahaya, selain itu pastikan bahan bakar dalam keadaan terisi dan cukup saat melintasi tol agar tidak mogok," ujarnya.

PT Jasamarga Manado Bitung bersama dengan BPJN XV Manado baru saja membuka fungsional tol Manado-Bitung sepanjang 25 kilometer dari total panjang bentangan 39,9 kilometer.

Jam beroperasi tol terpanjang di Sulawesi ini dimulai pukul 08.00 WITA hingga 17.00 WITA, dan pengguna dapat menggunakan jalan tol ini hingga 3 Januari 2020 untuk perayaan Natal dan Tahun Baru.


Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024