Sulut, Tahuna (ANTARA) - Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas II Tahuna Kabupaten Sangihe Sulawesi Utara, Mocodompis Muhaling menjamin transportasi laut menjelang Natal dan Tahun Baru 20202 tetap lancar.

"Kami menjamin kelancaran transportasi laut Tahuna-Manado pulang pergi pada perayaan Natal dan Tahun Baru," kata Mocodompis Muhaling di Tahuna, Jumat.

Menurut dia, sebagai daerah kepulauan yang mayoritas penduduknya beragama Kristen, perayaan Natal dan Tahun Baru penumpang selalu mengalami lonjakan yang luar biasa.



"Tahun ini kami pastikan transportasi laut tetap lancar sekalipun akan terjadi lonjakan penumpang mudik untuk perayaan Natal dan Tahun Baru  2020," kata dia.

Ia mengatakan, untuk saat ini sudah ada dua kapal setiap hari yang melayari penyeberangan Tahuna-Manado pulang pergi.

"Kami sudah siapkan dua kapal pagi dan malam setiap hari jalur Manado-Tahuna untuk mengangkut penumpang," kata dia.

Bila dua kapal ini tidak mampu mengangkut penumpang, maka akan di tambah armada lainnya.

"Kami sudah melaksanakan rapat koordinasi dengan pengusaha kapal untuk menambah armada bila dua kapal yang digunakan saat ini tidak cukup," kata dia.

Ia mengatakan, selain angkutan laut, juga sudah ada angkutan udara yang juga setiap hari dari bandara Samratulangi Manado menuju Naha Sangihe.

"Saat ini, transportasi udara juga sudah kembali aktif setiap hari sehingga masyarakat memiliki pilihan menggunakan transportasi," kata dia.



Pewarta : Jerusalem Mendalora

Copyright © ANTARA 2024