Minahasa Tenggara, Sulut (ANTARA) - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Minahasa Tenggara, menyalurkan sejumlah bantuan perikanan kepada para nelayan serta kelompok binaan, yang diserahkan secara langsung Wakil Bupati Joke Legi di Belang, Kamis (5/12).
Bantuan yang diberikan berupa kapal berukuran di bawah 3 GT (pelang dan Longboat), beserta alat penangkap ikan rumpon bagi kelompok usaha bersama (Kube) yang menjadi binaan DKP Minahasa Tenggara.
"Selaku pemerintah kami berharap bantuan ini membawa manfaat bagi bapak dan ibu dalam peningkatan pendapatan, yang tentunya meningkatkan kesejahteraan nelayan di Kabupaten Minahasa Tenggara," kata Legi.
Ia mengungkapkan, Pemkab Minahasa Tenggara terus memberikan perhatian besar terhadap peningkatan kesejahteraan para nelayan.
"Kami juga dari Pemkab akan terus mengembangkan sektor perikanan. Karena merupakan salah satu sektor unggulan di Minahasa Tenggara," katanya.
Sementara itu Kepala DKP Minahasa Tenggara Vecky Monigir  mengungkapkan untuk Tahun 2019 ini Pemkab sudah menyalurkan bantuan bagi ratusan nelayan dan pembudidaya binaan. 
"Bantuan ini secara rutin kami salurkan setiap tahun. Untuk tahun 2019 ini kami menganggarkan bantuan untuk pengembangan perikanan tangkap berupa 9 unit pelang, 3 unit longboat, 4 unit rumpon, serta paket bantuan mesin tempel dan mesin katinting," ujar Vecky.
Sedangkan untuk pengembangan perikanan budidaya, DKP Minahasa Tenggara telah menyalurkan 10 paket bantuan Minapadi, paket bantuan benih ikan unggul, paket bantuan pakan ikan serta paket percontohan budidaya air tawar untuk pembudidaya ikan. 
"Untuk para pengolah dan pemasar juga kami sudah salurkan 16 unit coolbox jenis HDPE bagi 4 Poklasar binaan," tandasnya.***1***

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda

Copyright © ANTARA 2024