Manado (ANTARA) - Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Edwin Silangen mengatakan realisasi pendapatan asli daerah (PAD) yang dikelola Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) hingga November 2019 mencapai 90,81 persen dari target. 

"Kami mengapresiasi jajaran Ditlantas Polda Sulut yang telah ikut membantu pemerintah daerah mencapai target PAD," sebut Silangen di Manado, Kamis.

Hingga 30 November 2019 Bapenda Sulut berhasil merealisasikan PAD sebesar Rp952,07 miliar atau sebesar 90,81 persen dari target yang ditetapkan sebesar Rp1,048 triliun.

"Terima kasih untuk dukungan Ditlantas, Bapenda tidak dapat bekerja sendiri dan tidak dapat mencapai target," katanya.

Silangen menambahkan Samsat bertugas memberikan pelayanan kepada masyarakat terkait dengan penerbitan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor).

Sementara Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB), dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) yang ditarik masuk ke kas negara.

Setiap lembaga, lanjut dia, memiliki peran masing-masing, di mana Polri berperan dalam menerbitkan STNK, Bapenda berperan dalam menetapkan besarnya PKB dan BBN-KB, sedangkan PT Jasa Raharja berperan mengelola SWDKLLJ.

"Masing-masing memiliki target capaian. Semoga di bulan Desember, target yang sudah ditetapkan, bisa dicapai. Dan itu semua, berkat kerja keras bapak dan ibu sekalian," sebutnya.

Lebih lanjut, Silangen mengingatkan di era pesatnya perkembangan teknologi sekarang ini, mentalitas dan perilaku ASN maupun petugas menjadi kunci sukses pelayanan Samsat.

Dia mengimbau seluruh petugas Samsat menjalankan tugas sesuai SOP agar terhindar dari masalah hukum, semisal tidak menerima titipan uang dari masyarakat yang akan membayar pajak.

"Karena itu, janganlah lalai dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab, sehingga tidak terjadi kebocoran. Kita benar-benar menghindari apa yang tidak kita inginkan," ajaknya.

Rapat Koordinasi Tim Pembina Samsat Provinsi Sulut turut dihadiri Direktur Lalulintas (Dirlantas) Polda Sulut Kombes Pol Iwan Sonjaya SIK, Kepala Bapenda Sulut Olvie Atteng, perwakilan Bank SulutGo dan PT Jasa Raharja.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024