Manado (ANTARA) - Bawaslu Kota Manado, resmi membuka pendaftaran calon panitia pengawas kecamatan (Panwascam) pemilihan  wali kota, wakil wali kota, gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Utara mulai 27 November sampai 3 Desember 2019.

"Penerimaan calon Panwascam mulai sosialisasikan sejak 6 November lalu dan  resminya dimulai 27 November," kata Ketua Bawaslu Manado, Marwan Kawinda SH, di Manado. 

Dia mengatakan, penerimaan terbuka untuk umum, dengan sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi calon, antara lain, usia minimal 25 tahun, sehat jasmani dengan bukti keterangan dokter atau minimal Puskesmas, lulusan SMA minimal dan punya KTP Manado.  Pokja menerima para calon pelamar yang bertanya dan mengambil berkas. (jo) (1)
Sementara Ketua Pokja penerimaan Panwascam Bawaslu Manado, Heard Runtuwene, S.Pi, M.Sc, bersama Humas Bawaslu, Taufik Bilfaqih, S.Sos.I, M.Si, mengatakan bahwa mekanisme penerimaan calon Panwascam tersebut semuanya dilaksanakan transparan, tidak ada yang tertutup. 

"Semua yang mendaftar diterima, dengan menyertakan semua persyaratan yang ditetapkan oleh aturan, jadi kami terbuka dan tidak macam-macam dan memenuhi syarat," katanya. 

Yang paling penting, kata Heard,  ketika dinyatakan lolos administrasi dalam penerimaan Panwascam ini akan diwawancara, kemudian ada tes tertulis menggunakan sistem sokratif atau berbasis online yang sama dengan CAT kalau dalam penerimaan CPNS, yang akan dilaksanakan nanti di SMA Negeri I Manado, pada 13-17 Desember nanti menggunakan laboratorium komputer di sekolah itu. 

Heard mengatakan ada 150 soal yang harus diselesaikan dalam waktu 90 menit, yang dibuat di 34 provinsi, dimana nilainya langsung dari pusat, sebab tes online dan serentak di seluruh Indonesia, dilaksanakan langsung oleh Bawasli RI, sehingga nilai wawancara dan tertulis akan diakumulasi, dan tiga nilai tertinggi dilantik oleh Bawaslu.  Pokja menerima para calon pelamar yang bertanya dan mengambil berkas. (jo) (1)
"Memang Bawaslu Manado ikut menilai, tetapi tes tertulis sokratif dinilai pusat sehingga tidak ada kemungkinan main belakang atau titip-titipan, semuanya fair dan sesuai aturan," kata Heard. 

Dia mengatakan sedikit bocoran tes-tes tertulis antara lain, adalah wawasan kebangsaan, bagaimana tentang kepemiluan UU 10/2016 tentang pemilihan wali kota, wakil, gubernur dan wakil gubernur serta diharapkan semuanya memiliki pengetahuan umum.

Dia menegaskan, tiga nilai tertinggi itu yang akan dilantik oleh Bawaslu Manado sehingga bisa melaksanakan tugas setelah dilantik. ***2***
 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024