Manado (ANTARA) - Karyawan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) melakukan bersih-bersih di lokasi wisata Makam Tuanku Imam Bonjol di Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Karyawan melaksanakan bersih-bersih Makam Tuanku Imam Bonjol di Pineleng," kata Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial   Ketenagakerjaan Cabang Manado Hendrayanto di Manado, Selasa.

Dia menyampaikan kegiatan tersebut merupakan kepedulian terhadap lingkungan dari para karyawan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

"Tiap tahunnya memang kami agendakan untuk kegiatan bersih-bersih di salah satu spot di Sulawesi Utara, tahun lalu di pantai malalayang, untuk tahun ini kami pilih di Makam Tuanku Imam Bonjol," ujarnya.

Ini kegiatan volunteer, untuk seluruh biaya tidak menggunakan anggaran kantor melainkan dari patungan karyawan, kesadaran kebersihan lingkungan memang sekarang kita tingkatkan, tambah Hendra.

Dengan kegiatan ini pihaknya berharap makam tersebut bisa lebih banyak dikunjungi oleh wisatawan, karena ini juga salah satu spot wisata di Sulawesi Utara.

Tempat ini, kata dia, biasanya ramai dikunjungi wisatawan sebelum dan pada saat lebaran.

Tuanku Imam Bonjol adalah tokoh perintis kemerdekaan Indonesia. Ia kemudian meninggal di Pineleng, pada masa pengasingan saat ditangkap penjajah Belanda pada Perang Padri.

Tuanku Imam Bonjol dikenal selain sebagai tokoh pahlawan dari Sumbar, juga sebagai ulama besar yang pernah menyebarkan agama Islam  di tanah Toar dan Lumimuut ini.

 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024