Jakarta (ANTARA) - Bupati James Sumendap memastikan akan  menindaklanjuti perintah, dan arahan Presiden Joko Widodo, saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) antara Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Indonesia, di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor Jawa Barat, Rabu.
"Apa yang disampaikan Presiden akan di segera saya tindaklanjuti. Karena menyangkut juga perkembangan Minahasa Tenggara," kata James.
Selaib itu kata James, pihaknya akan langsung mengkoordinasikan hasil Rakornas tersebut dengan unsur Forkompimda.
"Selain akan menindaklanjuti di internal Pemkab. Kami juga akan berkoordinasi dengan unsur Forkompimda, untuk memperkuat kerja sama antar lembaga," ujarnya.
James juga menjamin mewujudkan sinergitas serta keselarasan visi misi dan rencana pembangunan lima tahun ke depan Presiden dengan Pemerintah Daerah se-Indonesia.
“Jadi kita diharapkan terus bersinergi dengan program pemerintah pusat sehingga ada kesesuaian program sebelum Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) diketuk,” tandas James Sumendap.
Menurutnya sinergitas dan keselarasan ini dibutuhkan untuk mendukung lima program prioritas yang digaungkan oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.
“Dalam melaksanakan pembangunan di daerah, termasuk di Mitra, harus bersinergi dan selaras dengan lima program prioritas Presiden dan Wakil Presiden,” pungkasnya.
Adapun lima program prioritas Presiden dan Wakil Presiden, yaitu pertama mengenai pembangunan sumber daya manusia (SDM), kesehatan dan pendidikan, kedua mengenai pembangunan infrastruktur, ketiga penyegaran regulasi, keempat reformasi birokrasi, kelima yaitu transformasi ekonomi.
Rakornas ini dihadiri Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, dan undangan lainnya.
Turut mendampingi Bupati hadir di Rakornas, yakni Kabag Humas dan Protokol Arnold Mokosolang, Morthen Kawulusan Aspri Bupati, Benny Ompi Sespri Bupati, Jouke Batas Ajudan Bupati.***2***
 

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024