Manado (ANTARA) - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Manado mengajak masyarakat untuk mendukung Program Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di wilayah itu.

"Mengimbau masyarakat untuk mendukung Program P4GN guna menyelamatkan generasi bangsa," kata Kepala BNN Kota Manado Diane Kawatu di Manado, Rabu.

Pihaknya telah melakukan berbagai upaya dalam melaksanakan Program P4GN, seperti kerja sama dengan berbagai elemen masyarakat, sedangkan pelaksanaannya baik  di lingkungan pemerintah, swasta, pendidikan, bahkan di masyarakat sendiri.

"Ini dilakukan karena menyadari bahwa pemberantasan dan pencegahan narkoba tidak dapat kami lakukan sendiri," katanya.

Akan tetapi, lanjut Kawatu, harus ada sinergi bahkan peran serta yang nyata dari masyarakat untuk mendukung program tersebut.

Selain itu, kata dia, upaya-upaya pencegahan, sosialisasi, dan penyuluhan bahaya narkoba, bahkan lewat rehabilitasi bagi para pecandu narkoba secara gratis.

Masyarakat yang ingin melaporkan kerabat, kenalan, teman untuk dilakukan rehabiltasi, kata dia, bisa menghubungi Kantor BNN Manado, di mana terdapat klinik pratama untuk melakukan konseling asesmen, sedangkan bagi masyarakat yang kecanduan narkoba untuk dapat direhabilitasi.

"Sehingga mereka diharapkan bisa sembuh dan melakukan aktivitas secara normal kembali ke lingkungan tempat kerja, kembali ke lingkungan sekolah," kata dia.

Ia juga mengharapkan adanya bantuan dari warga untuk menjadi agen-agen perubahan, menjadi satgas antinarkoba di lingkungan masyarakat, pendidikan, pemerintah, dan swasta di Manado.
 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024