Manado (ANTARA) - Komisi IV DPRD Manado, mendorong Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud)  memberikan perlakuan yang sama terhadap sekolah negeri maupun swasta. 

"Itu penting kami sampaikan kepada dinas pendidikan dan kebudayaan, karena ternyata sekolah swasta lebih banyak dari negeri," kata Personel Komisi IV DPRD Manado, dr. Suyanto Yusuf, di Manado. Selasa.

Dia mengatakan berdasarkan data yang disampaikan oleh Kepala Dinas Dikbud Manado, Daglan Walangitan, jumlah SMP sebanyak 91 di mana Negeri hanya ada 14 sedangkan swasta sebanyak 77 sekolah. 

Sedangkan untuk SD, katanya, satuan pendidikan mencapai 261 unit,  di mana Negeri sebanyak 133 dan swasta 128, sedangkan untuk PAUD 
Berjumlah 280 dengan perbandingan 2 Negeri dan 278 swasta. 

"Melihat data-data ini sudah seharusnya pemerintah dalam hal ini Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kota Manado memberikan perhatian dan perlakuan yang sama kepada satuan pendidikan baik negeri maupun swasta sebab sama-sama melaksanakan tugas untuk memajukan dan mencerdaskan anak bangsa," kata dr. Anto sapaan akrab nya. 

Bahkan menurut praktisi pendidikan dan sekaligus kesehatan itu sekolah-sekolah swasta bisa dikatakan menjadi ujung tombak dalam memajukan dan mencerdaskan anak bangsa di daerah sebab lebih banyak dan an-nabi dekat serta tersebar di hampir seluruh kota Manado. 

Menanggapi hal tersebut Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Manado Daglan Walangitan menegaskan pihaknya memberikan perlakuan yang sama kepada sekolah negeri maupun swasta dari tingkat SD sampai SMP.

"Perhatian dan perlakuan yang sama kami berikan juga kepada sekolah swasta sehingga tetap dapat melaksanakan fungsi dalam mencerdaskan anak bangsa dalam hal ini para siswa," katanya. 

Hanya saja menurut Walangitan, pihaknya tidak boleh terlalu campur terlalu jauh ke dalam urusan satuan pendidikan swasta karena biasanya semua hal diatur langsung oleh yayasan sebagai pengelola sekolah sekolah swasta," katanya. ***

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024