Manado (ANTARA) - Komisi-komisi yang baru terbentuk di DPRD Manado, serentak menggelar rapat pertama sebagai alat kelengkapan dewan, untuk menyusun rencana kerja (Renja). 

"Memulai kerja hari ini dengan menggelar rapat internal komisi dan menyusun Renja dalam tiga bulan kedepan hingga akhir tahun ini," kata Ketua Komisi III DPRD Manado, Ronni Makawata, SE, di Manado,Rabu.

Roma sapaan akrabnya mengatakan, sesuai kesepakatan bersama, maka komisi C akan mengundang seluruh mitra kerja yakni lima dinas dan tiga bagian untuk menggelar rapat dengar pendapat, sekaligus perkenalan. 

Pembahasan itu, kata Roma, untuk membahas bersama realisasi program untuk APBD 2019 dan perubahannya, kemudian akan turun lapangan menyinkronkan data yang disampaikan yang disampaikan dan fakta di lapangan. 

"Kami akan melakukan itu setiap pekan untuk memastikan kinerja mitra perangkat daerah yang ada, untuk evaluasi kerja," katanya. 

Di sisi lain dia mengatakan, karena ada empat legislator yang baru pertama kali masuk ke lembaga DPRD itu, maka evaluasi, tepat dengar pendapat dan turun periksa di lapangan, menjadi pembelajaran bagi mereka. 

Hal yang sama juga dilakukan komisi I, II dan IV dipimpin oleh masing-masing pimpinan komisi, telah menggelar rapat penyusunan Renja sehingga dapat fokus melakukan berbagai tugas dan kerja, seperti dikatakan Sekretaris komisi IV, Zakarias Tatukude. 

"Kami sudah menggelar rapat untuk penyusunan Renja dan sudah dipastikan mulai dilaksanakan secepatnya, sehingga juga bisa mengevaluasi capaian program dan anggaran di perangkat daerah Manado," katanya. ***
 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024