Minahasa (ANTARA) - Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara  Alex Dotulong, Rabu mengatakan api menghanguskan sekitar 5,5 hektare lahan di Desa Sawangan, Kecamatan Tombulu, Kabupaten Minahasa.

"Luasan lahan yang terbakar itu terjadi di empat titik berbeda di desa tersebut," kata Dotulong di Manado.

Dia merinci, kebakaran pertama terjadi sekitar pukul 09.00 WITA di dekat jalan raya desa Tikela-Tombulu, dan di titik itu luas lahan yang terbakar diperkirakan seluas setengah hektare.

"Penyebabnya diduga karena puntung rokok. Kebakaran di titik itu berhasil dipadamkan oleh masyarakat setempat dibantu bersama Damkar Provinsi Sulawesi Utara dan Kabupaten Minahasa," ujarnya.

Tiga jam berselang atau pukul 12.00 Wita, terjadi lagi kebakaran lahan di tiga titik berbeda di desa tersebut.

Kebakaran, lanjut Dotulong berhasil menghanguskan sekitar lima hektare lahan.

Sampai saat ini masyarakat bersama personel pemadam kebakaran Kabupaten Minahasa dan Provinsi Sulawesi Utara dibantu masyarakat masih berusaha memadamkan kobaran api.

"Belum bisa dipastikan apa yang menjadi penyebab terjadinya kebakaran lahan di tiga titik berbeda," katanya.

Dotulong tetap berharap masyarakat berhati-hati terhadap ancaman bahaya kebakaran, termasuk mengimbau tidak membuka lahan dengan cara membakar.

Selain di Desa Sawangan, kebakaran juga terjadi di Desa Kali, Kecamatan Pineleng (terbakar areal tempat pembuangan sampah) serta pesisir Danau Tondano (rumput liar) dekat dengan destinasi wisata Benteng Moraya yang ada di Kecamatan Tondano Barat.***3***

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024