Manado (ANTARA) - Wali Kota Manado dan jajaran Forkopimda, Jumat,  menggelar upacara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kairagi, Manado sebagai tradisi menjelang peringatan HUT kemerdekaan. 

"Sebagai anak bangsa kita punya kewajiban untuk menghormati dan mengenang jasa para pahlawan yang sudah mengorbankan nyawanya bagi kemerdekaan Indonesia," kata Wali Kota Manado, Vicky Lumentut, di Kairagi. 

Dia mengatakan, pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa itu harus menjadi pemicu atau motivasi bagi anak bangsa sekarang dengan mengisi kemerdekaan dengan kerja keras, kerja cerdas dalam pembangunan.  Upacara tabur bunga di TMP Kairagi (ist) (1)

Dia juga mengatakan, ziarah nasional di TMP Kairagi itu, menjelang peringatan kemerdekaan, adalah momentum untuk mengenang kembali jasa-jasa para pahlawan bangsa. 

Setelah itu, Wali Kota, Wawali Mor Bastiaan, Ketua DPRD Altje Dondokambey, Wakil Noortje Henny Van Bone, Danlanudsri, Kajari Manado, Ketua PN Manado serta jajaran pejabat eselon II dan III di Manado melakukan tabur bunga di tempat itu. 

Sementara Wakil Ketua DPRD  Manado, Noortje Henny Van Bone, mengatakan, sebagai orang yang hidup dan menikmati kemerdekaan serta kemajuan bangsa, sudah menjadi kewajiban untuk menghargai jasa para pahlawan bangsa. 

"Para pahlawan itu sudah mengorbankan nyawanya, sehingga kita saat ini bisa menikmati kebebasan, kemerdekaan dan kebahagiaan yang luar bisa, maka sudah menjadi tugas generasi sekarang mengisi kemerdekaan dengan bekerja keras untuk memajukan bangsa," katanya.  Upacara tabur bunga di TMP Kairagi (ist) (1)
Apalagi katanya, sebagai wakil rakyat sudah menjadi tugas dan kewajiban mereka memberikan yang terbaik kepada masyarakat, dengan memperjuangkan semua aspirasi yang masuk di lembaga politik tersebut. 

"Kewajiban kami melayani masyarakat dan memperjuangkan hak-hak rakyat baik yang disampaikan ataupun yang kita temui, itulah makna mengisi kemerdekaan bagi kita masyarakat masa kini dan para wakil rakyat," katanya.  ***

Pewarta : Joyce Hestyawatie B

Copyright © ANTARA 2024