Manado (ANTARA) - Kegiatan wisata meetings, incentives, conferences and exhibitions (MICE) memdorong permintaan produk-produk industri kecil dan menengah (IKM) di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Begitu banyak kegiatan MICE di Sulut juga ditambah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang meningkat di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mendorong permintaan produk industri kecil menengah (IKM) juga naik signifikan," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut Jenny Karouw di Manado, Sabtu.

Jenny mengatakan meningkatnya permintaan pasar produk lokal, mendorong IKM untuk meningkatkan kapasitas produksi.

Kepala Bidang Fasilitasi Pengembangan IKM Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut Alwy Pontoh mengatakan faktor yang terkait terjadi permintaan pasar produk lokal dipengaruhi oleh banyaknya kegiatan nasional dan internasional yakni MICE dilaksanakan di Manado.

Selain itu juga, katanya, banyaknya kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

"Juga saat ini permintaan produk lokal di marketplace dan online lainnya cukup tinggi," kata Alwy.

Untuk menjawab permintaan pasar khususnya produk lokal salah satunya adalah IKM didorong untuk meningkatkan kapasitas produksi.

Menurutnya, dalam rangka membantu peningkatan kapasitas produksi pelaku usaha IKM pangan dan suvenir, adanya sinergi program dan kegiatan antara stakeholder terkait dalam rangka membantu IKM dalam pengikatan kapasitas produksinya. Antara lain menambah modal usaha, bantuan mesin peralatan, dan pengemasan produk yang premium.

"Jaga kualitas dan kuantitas, karena akan lebih membuka pasar produk IKM Sulut," katanya.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024