Manado (ANTARA) - Badan Pusat Statistik (BPS) memperkirakan Indeks Tendensi Konsumen (ITK) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) pada triwulan III tahun 2019 bisa mencapai 100,75.

"Nilai ITK Sulut pada triwulan III-2019 diperkirakan sebesar 100,75, artinya dengan indeks di atas 100 tersebut kondisi ekonomi maupun tingkat optimisme konsumen diperkirakan akan meningkat dibanding triwulan II 2019," kata Kepala BPS Sulut Marthedy Tenggehi di Manado, Selasa.

Dia mengatakan peningkatan kondisi ekonomi konsumen ini utamanya karena pendapatan mendatang lebih tinggi dibandingkan dengan triwulan II-2019.

Peningkatan pendapatan di triwulan III-2019 diperkirakan dipengaruhi oleh beberapa kegiatan yang akan dan telah berlangsung seperti Tomohon International Flower Festival, Hari Raya Idul Adha, Manado Fiesta 2019, dan Hari Raya Pengucapan Syukur yang dirayakan oleh sebagian besar penduduk di beberapa kabupaten/kota di Sulut.

Sama halnya dengan masyarakat di Sulut, ekspektasi masyarakat di Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Maluku, Papua Barat dan Papua mengenai kondisi ekonominya di triwulan mendatang juga membaik dibanding triwulan II 2019.

Provinsi yang diperkirakan memiliki ITK tertinggi di triwulan III 2019 adalah Maluku yaitu sebesar 108,18, sedangkan provinsi dengan perkiraan ITK terendah adalah Sulawesi Tengah dengan perkiraan nilai ITK sebesar 92,09.

Tingginya perkiraan ITK lebih dipengaruhi oleh harapan masyarakat mengenai kondisi ekonominya di triwulan mendatang.

Selain pada triwulan berjalan, indeks komposit persepsi rumah tangga mengenai kondisi ekonomi konsumen dan perilaku konsumsi terhadap situasi perekonomian pada triwulan mendatang juga diperkirakan.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024