Manado (ANTARA) - Bank Indonesia (BI) mengajak masyarakat di Provinsi Sulawesi Utara menukarkan uang koin dalam pameran Manado Fiesta 2019 di pusat perbelanjaan Kota Manado.

"Kami mengajak masyarakat agar jangan menyimpan uang logam di rumah, mari tukarkan, saat ini ada di Pameran Manado Fiesta sampai tanggal 4 Agustus 2019," kata Kepala BI Perwakilan Sulut Arbonas Hutabarat di Manado, Jumat.

Dia mengatakan bagi masyarakat yang menukarkan uang koin di Pameran Manado Fiesta akan langsung mendapat hadiah menarik.

Arbonas menjelaskan umumnya masyarakat masih menganggap uang koin bukan alat transaksi, melainkan sebagai uang receh. Kondisi tersebut menyebabkan sirkulasi peredaran rupiah khususnya uang koin di masyarakat tidak optimal.

Menurut dia, penggunaan uang koin justru lebih efisien dibanding uang kertas karena jangka waktu kelayakan yang lebih lama, yakni tujuh sampai delapan tahun, sedangkan kelayakan uang kertas biasanya bertahan kurang dari setahun.

Oleh karenanya, BI menyediakan fasilitas penukaran uang koin dengan pecahan kertas, bahkan terus melakukan sosialisasi uang elektronik untuk membangun budaya nontunai (cashless society) di masyarakat.

Manado Fiesta akan berlangsung mulai tanggal 27 Juli sampai 4 Agustus 2019. Festival Manado Fiesta 2019 dibuka dengan parade seru sebelum digelarnya aneka kegiatan menarik sepanjang minggu.

Pesta tahunan warga Manado, Manado Fiesta, resmi memasuki tahun ketiga. Untuk tahun 2019, Manado Fiesta mengusung konsep 7F Fisco (fish and coral), Fair, Food, Fashion, Funtastic, Flying, dan Faith.

Manado Festival kali ini berbeda dengan yang pertama dan kedua, karena mendapat dukungan dari beberapa negara sahabat yang hadir malam ini melalui para duta besarnya yakni Kolombia, Libanon, Filipina, Laos, Pakistan, Thailand, Republik Korea Utara, Srilanka, Serbia, Libia, Fiji, Korea Selatan, Polandia, dan Australia.

Acara tersebut juga akan dirangkai dengan atraksi Sailing Pass oleh ratusan kapal hias dan kapal lokal dan Juga KRI Dewaruci yang akan menyemarakan Teluk Manado.

Rangkaian Opening Ceremony Manado Fiesta 2019 yang berisi berbagai penampilan baik di darat, laut, dan udara yang dikolaborasikan menjadi sebuah pertunjukan membuka keseluruhan kegiatan Manado Fiesta.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024