Sulut, Tahuna (ANTARA) - Bupati Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Jabes Ezar Gaghana mengatakan, Kementerian Kominfo dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah mendidik nelayan di daerahnya melalui penerapan pola tangkap ikan menggunakan ilmu teknologi (IT), dalam rangka meningkatkan hasil tangkapan mereka.

"Sebagian nelayan di Sangihe telah dididik penerapan pola tangkap ikan dengan menggunakan ilmu teknologi oleh Kementerian Kominfo dan Kementerian Kelautan dan Perikanan," kata Bupati Jabes Gaghana di Tahuna, Jumat.

Menurut Bupati, cara penangkapan ikan dengan ilmu teknologi sangat membantu nelayan dalam menemukan lokasi ikan yang hendak ditangkap.

“Penangkapan ikan dengan menggunakan pola ilmu teknologi sangat membantu nelayan untuk menemukan lokasi ikan di laut," kata Bupati.

Dengan menemukan lokasi ikan, kata Bupati, secara otomatis mempermudah nelayan melakukan penangkapan ikan di perairan laut yang luas.

Cara ini kata Bupati, merupakan satu terobosan pemerintah dalam upaya meningkatkan jumlah hasil tangkapan nelayan.

Dia mengatakan, sebelum penggunaan ilmu teknologi, hasil tangkapan nelayan di Sangihe sudah bertambah dibandingkan sebelumnya.

Ini disebabkan oleh berkurangnya armada nelayan asing yang mencuri ikan di perairan laut Sangihe.

"Sebelum penerapan cara penangkapan dengan menggunakan ilmu teknologi, tangkapan nelayan sudah sedikit meningkat, namun diharapkan dengan menggunakan IT, penghasilan nelayan semakin bertambah," kata Bupati.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024