Sitaro (ANTARA) - Tim persiapan penilaian kabupaten sehat Kabupaten Kepulauan Sitaro menggelar rapat koordinasi (Rakor) dengan pengurus dari 10 kecamatan, kelompok kerja (pokja) desa dan kelurahan berlangsung di aula Kantor Bupati, Rabu (24/7).

Rakor tersebut dihadiri seluruh pimpinan OPD terkait, camat, lurah, kepala UPTD Puskesmas se-Kabupaten Sitaro dipimpin langsung  Wakil Bupati Drs John Palandung, MSi, 

Palandung  mengatakan rapat koordinasi ini adalah verifikasi kabupaten kota sehat (KKS ) tingkat kabupaten, provinsi dan pusat tahun 2019.

Pada kesempatan itu, Palandung mewarning seluruh OPD, camat, dan lurah, serta seluruh komponen masyarakat Kabupaten Sitaro untuk menyukseskan terkait verifikasi kabupaten kota sehat KKS tingkat provinsi dan pusat tahun 2019. Masalah kebersihan lingkungan menjadi tolok ukur dalam penilaian dan verifikasi..

Apalagi dari 202 Kabupaten Kota yang diusulkan, 165 Kab/kota yang lolos verifikasi dokumen oleh Tim Verifikasi Pusat, Kabupaten Sitaro adalah salah satunya akan  menjadi rujukan untuk memperoleh penghargaan tertinggi.

“Untuk tahun 2019,  target kita adalah meraih penghargaan Kabupaten Sehat Swasti Saba Padapa. Itu penghargaan tertinggi kabupaten dan kota sehat,” kata Wabup.

Hal ini beralasan, karena saat ini laporan secara administratif tengah diperiksa dan dinilai oleh tim Verifikasi Kabupaten Kota Sehat KKS Tingkat Provinsi dan Pusat Tahun 2019, meskipun hasilnya masih ada yang perlu dilengkapi.

“Setelah verifikasi administrasi, selanjutnya tim penilai akan turun langsung melihat kondisi sebenarnya yang ada di lapangan, apakah sesuai yang tercatat dalam laporan administratif,” jelas Palandung.

Dijelaskan Palandung, untuk menyukseskan kegiatan verifikasi ini, tidak ada alasan untuk tidak berbenah, oleh karena itu diperlukan dengan segera kerja keras dan sinergitas antar seluruh komponen khususnya OPD terkait dan pelibatan masyarakat.

”Termasuk seluruh kantor dan pelayanan publik agar diadakan kawasan tanpa rokok dan pojok merokok di wilayah kerja masing-masing. Untuk tahun 2019 ini kita target meraih Swasti Saba Padapa, yaitu penghargaan tertinggi untuk kabupaten dan kota sehat," ungkap Palandung.


Pewarta : Miranti Sahambangung
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024