Sitaro (ANTARA) - Bupati Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro)  Evangelian Sasingen didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sitaro CH

Bupati Sitaro Evangelian Sasingen memantau Aktifitas Gunung Karangetang (2)

Bob Wuaten memantau aktivitas gunung Karangetang. Bupati melakukan pemantauan di Kampung Kinali, dan dilanjutkan  pada Pos Pengamatan Gunung Api Karangetang yang berlokasi di Kampung Salili Siau Tengah, Senin (22/7).

Bupati ingin mengetahui secara langsung perkembangan aktivitas gunung Karangetang yang dalam beberapa hari ini mengalami peningkatan, dan melihat secara langsung alat seismograf yang merekam kegempaan Gunung Karangetang.

Kepala PPGA Karangetang Yudia Tatipang menjelaskan kepada Bupati terkait aktifitas gunung Karangetang yang saat ini berada dalam status Level III (Siaga).

"Sehingga untuk masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak mendekati, tidak melakukan pendakian dan tidak beraktivitas di dalam zona prakiraan bahaya yaitu radius 2.5 km dari puncak Kawah Dua (Kawah Utara) dan Kawah Utama (selatan) serta area perluasan sektoral dari Kawah Dua ke arah Barat Laut-Utara sejauh 4 km, yaitu wilayah yang berada di antara Kali Batuare dan Kali Saboang" paparnya.

 Bupati pun mengimbau  bagi masyarakat  yang berdomisili didaerah-daerah yang berpotensi agar tetap waspada dan selalu mementingkan keselamatan dalam menjalankan aktifitas.


Pewarta : Miranti Sahambangung
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024