Sulut, Tahuna (ANTARA) - Kepala dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara, Jopy Thungari mengusulkan penggantian sejumlah fasilitas kesehatan (faskes) yang ada di Puskesmas.

"Kami sudah mengusulkan penggantian sejumlah fasilitas kesehatan yang ada si Puskesmas-Puskesmas di Sangihe," kata Jopy Thungari di Tahuna, Senin (8/7).

Menurut dia, usulan disampaikan kepada pemerintah provinsi dan pemerintah pusat.

"Pengadaan fasilitas kesehatan untuk pengganti yang sudah rusak sebaiknya dibiayai melalui anggaran pemerintah kabupaten dan provinsi serta pusat," kata dia.

Dia mengatakan beberapa waktu yang lalu telah diterima kendaraan ambulans dari pemerintah pusat yang pengadaannya melalui Dana Alokasi Umum (DAU) untuk tiga Puskesmas.

"Tiga Puskesmas telah menerima mobil ambulans yang baru yang dibiayai melalui Dana Alokasi Umum," kata dia.

Dia mengatakan selain mobil ambulans, fasilitas kesehatan di Puskesmas yang harus diganti diantaranya ranjang untuk pasien.

"Ranjang tempat tidur pasien di sejumlah Puskesmas yang melayani rawat inap sudah banyak yang rusak sehingga harus diganti dengan yang baru," kata dia.

Dia berharap, usulan penggantian fasilitas kesehatan di Puskesmas segera direspon pemerintah karena ini merupakan kebutuhan masyarakat.

"Kami berharap pemerintah provinsi dan pusat merespon usulan penggantian fasilitas kesehatan yang sangat dibutuhkan demi pelayanan kepada masyarakat," kata dia.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024